Skip to main content

10 Kamera Analog Terbaik

10 Kamera Analog Terbaik
10 Kamera Analog Terbaik
Images source: Lomography.com

10 Kamera Analog Terbaik

Sebagian besar kamera yang ada saat ini sudah berbasis digital, namun masih banyak fotografer yang ingin memiliki kamera analog terbaik. Hal tersebut bukan tanpa alasan, melainkan kamera analog memiliki kesan tersendiri untuk dimiliki.

Baik dari histori kamera atau nilai dari kamera itu sendiri, sehingga ia banyak dicari orang untuk menjadi koleksi ataupun membuat foto dengan kesan tempo dulu.

TOC / Daftar Isi

10 Kamera Analog Terbaik

Ada beberapa kamera analog yang kini masih bisa dijumpai di pasaran, beberapa diantaranya termasuk ke dalam kamera yang cukup modern. Bagi Anda yang mencari kamera analog bisa melihat daftar rekomendasi berikut ini:

Back to Content ↑

1. Canon Canonet Q17

Kamera analog Canon tentunya menjadi salah satu kamera yang bisa Anda pilih, seperti seri Canon Canonet Q17 yang rilis sekitar tahun 80-an. Di waktu tersebut ternyata Canon sudah menyematkan lensa aperture f/1.7 pada Canonet Q17 tersebut.

Dengan lensa ini Anda bisa mendapatkan foto bokeh yang cukup bagus, apalagi ia juga mendukung sensor cahaya yang bagus. Sehingga mendapatkan foto bokeh yang lebih smooth dan rapi bukan hal sulit lagi dengan kamera yang satu ini. 

Harga: Rp.1.000.000

Back to Content ↑

2. Nikon FE2

Rilis tahun 1987 membuat Nikon FE2 termasuk ke dalam kamera klasik, mengingat ia juga masih menggunakan sistem analog dalam hal pemotretan. Meskipun demikian kamera ini telah memiliki teknologi canggih pada masanya.

Bahkan hingga sekarang kamera tersebut masih banyak dicari, karena ia memiliki fitur yang masih sangat mumpuni untuk digunakan di masa sekarang. Seperti lensa aparture f/1.7, ISO hingga 4000, image stabilization, dan lain sebagainya.

Disisi lain Nikon FE2 termasuk ke dalam kamera yang mudah digunakan, baik untuk Anda seorang pemula atau profesional sekalipun. Hal ini karena ia memiliki fitur semi otomatis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dalam pemotretan.

Harga: Rp.700.000

Back to Content ↑

3. Fujica M1

Bila Anda mencari kamera analog dengan kualitas yang bagus dan memiliki ketahanan kuat, maka kamera Fujica M1 bisa menjadi salah satu pilihan. Kamera ini sendiri menjadi seri M pertama yang dibuat oleh Fujifilm di masa tersebut.

Kamera ini memiliki beberapa kelebihan, salah satunya shutter speed yang sangat tinggi. Angka shutter speednya berada di angka 1/125s, dimana angka tersebut sudah sangatlah cepat. Hal ini membuatnya dapat memotret atau merekam benda bergerak dengan lebih baik.

Harga: Rp.400.000

Back to Content ↑

4. Fujifilm MDL 9

Kamera analog terbaik lainnya masih datang dari Fujifilm, Fujifilm MDL 9 bisa Anda pilih karena banyak alasan. Mulai kameranya yang unik, fitur yang masih memadai, hingga nilai histori kamera Fujifilm yang memang sangat tinggi.

Fujifilm MDL 9 sendiri termasuk kamera yang sudah sangat tua, hal ini karena ia di produksi sekitar tahun 1960 hingga 1967. Sehingga ia kurang cocok bila Anda gunakan untuk pemotretan profesional, namun lebih kearah koleksi atau hobi saja.

Harga dari kamera Fujifilm MDL 9 ini juga terbilang sangat terjangkau, dimana ia dibanderol dengan harga kisaran 300 sampai 500 ribuan saja. Sehingga tidak ada salahnya bila Anda membeli kamera ini sebagai salah satu koleksi kamera Anda.

Harga: Rp.350.000

Back to Content ↑

5. Kodak Signet S35

Bagi Anda pecinta kamera Kodak pastinya tidak asing dengan Kodak Signet S35, dimana kamera ini banyak dicari oleh para fotografer. Sayangnya hanya ada beberapa kamera saja yang tersedia di pasaran, mengingat produksi yang dilakukan kala itu cukup terbatas.

Kodak Signet S35 ini sendiri dibekali dengan beberapa fitur, mulai dari lensa aparture f/1.7, ISO hingga 1000, shutter speed 1/100s, dan masih banyak lagi lainnya. Hal inilah yang membuatnya masih bisa digunakan untuk pemotretan profesional di masa sekarang ini.

Harga: Rp.400.000

Back to Content ↑

6. Olympus OM-1

Kamera analog untuk kebutuhan outdoor tentunya sangat jarang ditemui, mengingat sebagian besar kamera analog belum memiliki fitur water resistance. Namun tidak demikian dengan kamera Olympus OM-1 ini, karena ia memiliki keamanan yang cukup tinggi.

Sehingga bukan hanya tahan di lingkungan basah saja, akan tetapi ia juga cocok untuk pemotretan di kawasan yang panas sekalipun. Cocok untuk Anda miliki bila suka dengan kamera analog, sekaligus ingin membawanya traveling.

Selain itu ia juga mempunyai kemampuan pemotretan outdoor yang cukup handal, salah satunya karena kamera ini memiliki shutter speed sangat tinggi hingga mencapai 1/1000s. Dengan kecepatan tersebut membuat Anda bisa memotret hewan, tumbuhan, atau objek outdoor lainnya dengan mudah.

Harga: Rp.2.000.000

Back to Content ↑

7. Pentax K1000

Untuk Anda yang mencari kamera analog terbaik bukan hanya dari nilai historisnya saja, namun juga dari spesifikasi atau fiturnya. Maka Pentax K1000 bisa menjadi pilihan yang sangat tepat, mengingat meskipun memiliki sistem analog, namun ia memiliki fitur sangat modern.

Sebut saja fitur seperti self timer, autofokus, image stabilization, night mode, dan berbagai fitur canggih lainnya. Hal ini membuat Anda bisa mendapatkan kamera klasik, sekaligus mempunyai fitur yang sangat modern.

Harga: Rp.700.000

Back to Content ↑

8. Olympus MJU II

Autofokus sangatlah penting dalam fotografi atau videografi, dimana kamera zaman sekarang sudah memiliki fitur tersebut. Akan tetapi kamera analog banyak yang kurang dalam hal fokus ini, tetapi tidak demikian dengan kamera Olympus MJU II.

Olympus MJU II terkenal dengan autofokusnya yang sangat bagus, bahkan ia memiliki speed hingga 1/125s. Sehingga lebih cepat dalam melakukan fokus terhadap objek, baik saat pemotretan atau pengambilan video sekalipun.

Disisi lain Olympus II memiliki baterai yang sangat awet dan tahan lama, cocok untuk Anda yang tidak terlalu suka membawa baterai cadangan saat bepergian. Hal tersebutlah yang membuat kamera ini juga disebut sebagai salah satu kamera analog outdoor terbaik.

Harga: Rp.1.000.000

Back to Content ↑

9. Rollei 35

Kamera premium tahun 70an tentu tidak bisa diremehkan, hal itulah yang akan Anda rasakan saat menggunakan Rollei 35. Sejak dirilis tahun 80-an hingga sekarang kamera tersebut tetap eksis dan banyak digunakan untuk fotografer profesional sekalipun.

Bentuknya yang dinamis dan unik juga menjadi daya tarik tersendiri, dimana ia sangat nyaman ketika digenggam dan anti slip. Sehingga bisa Anda gunakan dalam jangka waktu lama tanpa harus merubah posisi tangan saat melakukan pemotretan atau videografi.

Harga: Rp.3.000.000

Back to Content ↑

10. Canon AE 1

Bagi Anda seorang pemula di dunia fotografer, maka Canon AE 1 menjadi kamera analog yang patut dipertimbangkan. Selain memiliki fitur yang sudah sangat lengkap, Canon AE1 sangat mudah untuk Anda gunakan.

Hampir setiap fiturnya bisa digunakan secara otomatis, seperti autofokus, autolight, deteksi wajah, dan lain sebagainya. Dengan begitu Anda hanya perlu mengatur beberapa fitur saja hingga mendapatkan foto layaknya fotografer profesional.

Terlebih lagi Canon AE 1 masih sangat recomended untuk digunakan saat ini, dimana ia bisa bersaing dengan kamera digital. Baik dari segi fiturnya ataupun performa kamera, mengingat ia menjadi salah satu kamera analog yang memiliki usia cukup muda ketimbang kamera analog lainnya.

Harga: Rp.2.000.000

Back to Content ↑

Ada banyak sekali kamera analog yang bisa Anda pilih, namun untuk Anda yang mencari kamera analog terbaik saat ini. Maka Anda bisa memilih salah satu kamera yang ada di atas, dimana Anda hanya perlu menyesuaikan pilihan sesuai dengan kebutuhan Anda sendiri.