Skip to main content

5 Manfaat Kelebihan Dan Kelemahan Jaringan 4G

5 Manfaat Kelebihan Dan Kelemahan Jaringan 4G
5 Manfaat Kelebihan Dan Kelemahan Jaringan 4G

5 Manfaat Kelebihan Dan Kelemahan Jaringan 4G

Internet tidak lepas dari kehidupan manusia modern hari ini. Teknologi telah menjadi elemen wajib untuk mengakses informasi, memfasilitasi kegiatan dan memfasilitasi pengumpulan.Awalnya, jaringan nirkabel ini yang dikenal dan digunakan oleh masyarakat adalah 1G yang diluncurkan pada tahun 1980.

Selama beberapa dekade para ahli IT mengembangkan jaringan dan menemukan jaringan baru yang dikenal dengan jaringan 2G dan diluncurkan pada awal tahun 1990-an. Jaringan 2G memungkinkan lebih banyak transmisi dibandingkan dengan jaringan 1G. Kemajuan teknologi yang semakin tumbuh dan semakin banyak ciptaan jaringan 3G yang lebih baik daripada generasi sebelumnya. Jaringan 3G memungkinkan aplikasi multimedia dengan teknologi yang lebih canggih.

Setelah itu muncul jaringan 4G yang dikembangkan untuk memberikan layanan yang lebih baik dan berkualitas dengan kecepatan transfer data yang lebih tinggi. Disini Manfaat Kelebihan Dan Kelemahan Jaringan 4G sangatlah banyak.

Mewaspadai hal ini, operator mencoba memberikan akses internet yang lebih baik, termasuk Internet 4G. Selesai tahun lalu, National 4G Internet Network secara simbolis oleh Presiden Joko Widodo. Banyak orang saat ini menggunakan jaringan 3G untuk berbagai kebutuhan. Namun, Anda tahu ada juga jaringan 4G yang akan bertepatan atau bahkan mengganti jaringan 3G.

Jaringan 4G merupakan jaringan nirkabel yang merupakan generasi keempat untuk memfasilitasi komunikasi bergerak. Dengan menggunakan 4G, kecepatan komunikasi jauh lebih baik dari jaringan sebelumnya Jaringan 4G terkenal adalah 4G LTE, tetapi jaringan ini masih terbatas pada area Jabotabek. Untuk wilayah di luar Jabotabek harus rela menunggu penyebaran jaringan 4G LTE.

LTE sendiri sebetulnya dikembangkan oleh 3GPP, yang merupakan evolusi dari jaringan GSM… Jadi pertanyaannya adalah hal-hal positif yang dapat dicapai jika masyarakat menggunakan jaringan 4G? Berikut adalah 5 manfaat yang belum anda ketahui dari jaringan 4G yang perlu Anda ketahui Komunikasi yang lebih baik Saat ini aplikasi komunikasi semakin banyak bermunculan, mulai dari email, instant messaging, bahkan video call.

Akses ke Internet 4G menawarkan kecepatan yang lebih baik dan jaringan yang lebih kuat dan stabil.. Ini berarti bahwa kalian dapat terus berkomunikasi dengan teman kalian dan juga keluarga kalian menggunakan aplikasi yang ada tanpa masalah. Anda sekarang juga tidak hanya dapat mengirim pesan, tetapi juga gambar, dan bahkan video.

TOC / Daftar Isi

Tingkatkan Produktivitas

Komunikasi bukan satu-satunya penggunaan Internet. Internet juga dapat digunakan untuk melakukan berbagai hal untuk meningkatkan produktivitas, karena Anda dapat lebih mudah menemukan informasi dan data yang Anda butuhkan. Selain itu, Anda juga dapat memanfaatkan berbagai layanan internet yang ada yaitu cloud yang memudahkan Anda untuk menyimpan, mengakses, dan berbagi file pekerjaan dengan rekan kerja.

Internet juga dapat membantu Anda untuk melakukan penelitian dengan membuat polling, atau bahkan kuesioner. Selain itu, bagi Anda yang berprofesi sebagai fotografer profesional, Anda dapat dengan mudah membagikan karya Anda, baik melalui media sosial seperti Instagram, atau platform stok foto seperti Getty Images.

Back to Content ↑

Mendukung Kelancaran Bisnis

Konsumen bukan satu-satunya pihak yang membutuhkan internet. Perusahaan juga membutuhkan internet, apalagi jika bisnis yang Anda geluti berhubungan langsung dengan internet, seperti e-commerce. Indonesia kini menjadi negara yang memiliki potensi e-commerce yang cukup besar. Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA) bahkan menyebut Indonesia memiliki potensi e-commerce terbesar di Asia Tenggara jika kualitas internet di Tanah Air meningkat.

Internet mempengaruhi tidak hanya bisnis yang berhubungan dengan internet itu sendiri, tetapi juga semua jenis bisnis. Berdasarkan data Kementerian Komunikasi dan Informatika, sebanyak 62 juta pengguna internet di Indonesia merupakan pengguna aktif media social. Kondisi ini mendorong beberapa perusahaan untuk menggunakan jejaring sosial sebagai peristiwa promosi dan pendekatan konsumen.

Back to Content ↑

Munculnya Industri Baru

Sektor yang akan sangat terbantu dengan adanya internet yang berkualitas adalah industri kreatif. Orang-orang yang memutuskan untuk menjadi blogger, khususnya vloggers alias video blogger, akan sangat terbantu dengan akses internet berkecepatan tinggi.

Minat masyarakat Indonesia terhadap vlogger kini semakin tinggi. Hal ini terlihat dari laporan Google yang menyebutkan bahwa jumlah video yang diunggah orang Indonesia ke YouTube meningkat 600 persen. Hal ini membuktikan bahwa masyarakat Indonesia tidak hanya menjadi penonton dari berbagai video yang ada, tetapi juga mulai aktif membuat video sendiri.

Back to Content ↑

Hidup Lebih Efisien

Teknologi digunakan untuk membuat hidup lebih mudah bagi pengguna. Dengan berbagai aplikasi untuk komunikasi dan aplikasi untuk meningkatkan produktivitas, Anda dapat membuat hidup lebih efisien.Menyadari hal tersebut, Indosat Ooredoo menawarkan jaringan 4Gplus yang merupakan layanan Internet berbasis 4G LTE.

Hal yang menarik tentang layanan ini adalah kinerja yang ditawarkan lebih cepat dan stabil daripada 3G, terutama 2G. Layanan ini ditawarkan dengan harga terjangkau, tetapi memiliki jaringan data yang lebih kuat dan rentang yang lebih besar.. Selain itu, Indosat Ooredoo juga menawarkan gratis kuota data hingga 10 GB.

Tentunya jika Anda menggunakan jaringan ini maka Anda dapat bertukar informasi atau mendapatkan informasi yang Anda butuhkan dalam waktu yang lebih cepat dibandingkan dengan jaringan 3G. Kecepatan transfer data di jaringan 4G minimal 100 megabit per detik.

LTE merupakan teknologi untuk mendapatkan standar jaringan 4G yang dapat diterapkan pada game dan TV. Teknologi jaringan 4G LTE mempunyai sangat banyak keunggulan dan kelebihan namun tidak berarti bahwa jaringan ini tidak memiliki kelebihannya.. Di Negara kita, jaringan sering digunakan pada jaringan 1800 MHz pada jaringan LTE 4G.

Untuk pengguna ponsel pintar dapat menggunakan jaringan 4G, tetapi hanya pada beberapa smartphone yang saya ketahui, seperti iPhone 5S dan Nokia Lumia 820.. Selain itu, iPad 4 dan iPad Mini adalah gadget yang dapat menikmati jaringan 4G. layanan karena Gadget beroperasi dengan frekuensi 1800MHz. Keberadaan jaringan 4G pada smartphone dan tablet memfasilitasi pengguna untuk menyampaikan dan juga memainkan game online. Beberapa keunggulan jaringan 4G/LTE antara lain:

  1. Memiliki kecepatan downlink hingga 300 Mbps dan kecepatan Uplink hingga 75 Mbps
  2. Mendukung sistem ITU-R dan sistem IMT yang menggunakan pita frekuensi
  3. Mendukung kecepatan transfer broadband karena 4G memiliki frekuensi pita yang jauh lebih tinggi
  4. Mendukung Jaringan Frekuensi Tunggal Siaran Multicast
  5. Mendukung mobilitas tinggi
  6. Jaringan 4G mampu meminimalkan gangguan

Selain memiliki kelebihan di atas, jaringan 4G LTE juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut beberapa kelemahan jaringan 4G:

  1. Membuat infrastruktur jaringan baru membutuhkan biaya lebih dari jaringan 3G, 2G, dan 1G
  2. Memerlukan pemasangan peralatan baru jika jaringan diperbarui
  3. Perangkat seluler baru yang mendukung teknologi 4G LTE diperlukan jika jaringan diperbarui
  4. Diperlukan antena tambahan untuk transmisi data karena jaringan 4G LTE menggunakan Multiple Input Multiple Output (MIMO)

Back to Content ↑

Meski memiliki beberapa keunggulan di atas, jaringan 4G masih sangat terbatas wilayahnya. Berbeda dengan jaringan 3G, hampir seluruh wilayah di Indonesia bisa dijangkau. Mungkin kedepannya anda yang berada di luar Jabotabek dapat menikmati keunggulan jaringan 4G LTE.

Demikian Artikel ini tentang 5 Manfaat Kelebihan dan Kelemahan Jaringan 4G semoga bermanfaat buat kalian semua.