Skip to main content

6 Cara Mengatasi Hp Android Lemot

6 Cara Mengatasi Hp Android Lemot
6 Cara Mengatasi Hp Android Lemot
Images source: Pixabay.com

6 Cara Mengatasi Hp Android Lemot

Untuk pengguna Android, ini adalah masalah umum, tetapi juga mengganggu pengguna. Ada berbagai macam penyebab yang membuat Android lemot/lemot saat kita mengoperasikannya. Untuk mengatasi masalah pada smartphone android anda, anda bisa menyimak cara mengatasi smartphone android lemot/lemot dengan mudah dan akurat sebagai berikut.

Dengan mengetahui cara Mengatasi HP Android Lemot maka anda dapat memperbaiki masalah pada android anda di rumah. Jika sewaktu-waktu ada masalah dengan smartphone android anda kemudian anda bisa memperbaiki sendiri smartphone android anda, adapun cara mempercepat hp android yang lemot, berikut adalah tips yang saya bagikan.

TOC / Daftar Isi

6 Cara Mengatasi Hp Android Lemot

1. Update Aplikasi ke Versi Terbaru

Sebuah smartphone tentu akan berfungsi lebih baik jika dilengkapi dengan berbagai aplikasi. Dan setiap aplikasi itu umumnya juga memiliki beberapa fungsi yang berbeda-beda. Tetapi ada satu cara lagi untuk mengoptimalkan kinerja aplikasi.

Yaitu dengan selalu mengupdatenya secara berkala. Jika kita menggunakan aplikasi versi terbaru maka kinerjanya akan lebih baik dan tidak membuat smartphone menjadi lemot. Misalnya, jika Anda ingin memperbarui aplikasi WhatsApp di ponsel Android. Bagaimana caranya? Silahkan simak tutorial update aplikasi android berikut ini.

Pertama, pastikan smartphone Anda terhubung dengan internet. Kemudian buka aplikasi Google Playstore di HP kamu masing-masing. Setelah itu tap menu di pojok kiri atas. cara memperbarui aplikasi Akan ada opsi Aplikasi dan Game Saya, ketuk opsi itu.

Anda akan melihat daftar aplikasi yang memiliki pembaruan dan perlu diperbarui, silakan pilih salah satu. Kemudian lanjutkan saja dengan menekan tombol update dan tunggu proses download sampai selesai. Lakukan proses update pada semua aplikasi yang memiliki update di ponsel Android Anda.

Back to Content ↑

2. Hapus Cache Aplikasi

Dengan penggunaan aplikasi yang diinstal pada smartphone kita setiap hari, maka akan menghasilkan data yang biasa disebut dengan cache. Yaitu data sementara yang akan digunakan kembali di lain waktu untuk membuat suatu proses lebih cepat dari yang pertama kali.

Namun seiring dengan penggunaan smartphone setiap hari. Maka akan membuat data cache ini bertambah dan menumpuk. Hal ini tentunya akan mengisi ruang penyimpanan di ponsel android kita. Dan dampak yang dapat ditimbulkan adalah melambatnya kinerja perangkat.

Karena itulah kita sering disarankan untuk rutin menghapus file cache yang sudah lama dan tidak diperlukan lagi. Sehingga ruang penyimpanan akan lebih lega dan tidak membebani ponsel kalian. Berikut cara menghapus cache di ponsel Android.

Pertama, silahkan buka Setting di perangkat Anda masing-masing. Kemudian cari dan pilih menu aplikasi, lalu buka aplikasi yang terinstal satu per satu. Prioritaskan yang memiliki ukuran file besar. Setelah terbuka, pilih opsi Penyimpanan untuk melihat file yang membentuk aplikasi. Di sana Anda akan melihat berapa banyak file cache yang dimiliki aplikasi.

Jika ukurannya terlalu besar, pilih saja opsi Clear Cache untuk membersihkannya. Tunggu hingga proses penghapusan selesai. Lakukan langkah yang sama untuk aplikasi lain yang banyak mengandung file sampah, misalnya Youtube, Toko Online, Game, dll.

Back to Content ↑

3. Update Sistem Operasi Android

cara memperbarui sistem android, Sebagai perangkat pintar, tentunya smartphone dilengkapi dengan sistem operasi tertentu seperti Android. Dan seperti halnya aplikasi, OS ini juga akan mengalami perkembangan dan pengembangan dari waktu ke waktu.

Sistem operasi dengan versi yang lebih baru tentunya akan menghasilkan kinerja yang lebih cepat dan lebih baik dari versi sebelumnya. Jika ponsel cerdas Anda lambat, Anda mungkin harus memutakhirkan Android yang digunakannya.

Bagaimana caranya? Setiap smartphone pada umumnya akan mendapatkan update OS secara berkala dari developer. Untuk mengetahui apakah ponsel Anda mendapatkan pembaruan OS Android, Anda dapat memeriksanya dengan cara berikut: Silahkan buka Setting/Pengaturan pada perangkat Anda masing-masing. Kemudian gulir ke bawah dan cari menu Sistem. Kemudian coba temukan opsi Pembaruan Sistem lagi, jika Anda menemukannya ketuk opsi itu.

Nah biasanya smartphone akan mengecek apakah ada update yang tersedia. Jika ponsel cerdas Anda mendapatkan peningkatan sistem operasi, akan ada opsi untuk mengunduh pembaruan. Silakan ikuti instruksi dan tunggu prosesnya selesai. Hingga akhirnya smartphone kamu sudah terupdate dan tidak akan lemot lagi.

Back to Content ↑

4. Copot Aplikasi yang Tidak Perlu

Keberadaan aplikasi di smartphone Android memang sangat dibutuhkan. Namun, sebagai pengguna, kita juga harus bijak dalam memasang aplikasi di perangkat. Meski ponsel Android masa kini sudah dilengkapi dengan ruang penyimpanan yang besar, bukan berarti kita harus menginstal aplikasi sebanyak mungkin.Jika terlalu banyak yang terinstal juga akan mempengaruhi kinerja smartphone. Karena kapasitas RAM juga sangat terkuras karena digunakan oleh beberapa aplikasi sekaligus.

Sehingga ketika menjalankan banyak proses dalam waktu yang bersamaan akan membuat hp android lemot dan lemot. Nah untuk cara mempercepat hp android, bagi anda yang sudah menginstal banyak aplikasi, maka anda harus menghapus beberapa aplikasi android yang tidak penting. Tinggalkan beberapa aplikasi yang sering digunakan dan bermanfaat saja. Bagi yang tidak tahu cara menghapus aplikasi android, Anda dapat mengikuti tutorial ini:

  1. Buka Pengaturan/Pengaturan di perangkat Anda masing-masing. Kemudian pilih menu Aplikasi yang ada, disana anda akan melihat daftar aplikasi yang terinstal.
  2. Silahkan scroll dan cari aplikasi yang tidak Anda butuhkan. Ketuk nama aplikasi, lalu pilih Uninstall Options.
  3. Kemudian konfirmasikan penghapusan dengan menekan OK. Tunggu hingga proses uninstall selesai.
  4. Lakukan langkah yang sama untuk aplikasi lain yang tidak terlalu penting. Sehingga jumlah aplikasi yang tersisa menjadi lebih sedikit dan tidak menyebabkan smartphone menjadi lemot lagi.

Back to Content ↑

5. Hindari Wallpaper Animasi

Banyak dari para pengguna android yang suka menggunakan live wallpaper pada smartphone android yang digunakan, tujuan mereka menggunakan live wallpaper yaitu untuk mempercantik tampilan pada smartphone yang digunakan. Namun dibalik keindahan live wallpaper tersebut terdapat dampak buruk yaitu dapat membuat smartphone android menjadi lemot tanpa disadari oleh pengguna android.

Oleh karena itu sangat disarankan untuk tidak menggunakan wallpaper hidup di perangkat Android agar tidak memberatkan saat loading dan membuat smartphone menjadi lemot. Sebaiknya pilih gambar yang sederhana dan memiliki ukuran sedang, tujuan dari penggunaan gambar yang ringan adalah agar saat loading dapat berjalan lebih cepat.

Back to Content ↑

6. Instal Aplikasi di Memori Eksternal

Untuk menghindari smartphone yang lemot, sebaiknya kita menginstal aplikasi Android di memori eksternal, secara default ketika pengguna Android menginstal aplikasi di smartphone mereka. Kemudian secara otomatis akan terinstal ke memori internal, hal buruk akan terjadi jika banyak aplikasi yang terinstal dan mulai membebani kinerja Android.

Oleh karena itu untuk mengatasi smartphone android yang lemot maka kita perlu memindahkan aplikasi yang ada di smartphone yang awalnya ada di memori internal, jadi kita pindahkan ke memori eksternal. Anda dapat menambahkan micro sd ke smartphone android dan memindahkan aplikasi atau game yang ada ke kartu sim eksternal, hal ini agar tidak membebani kinerja dengan menyediakan sisa data yang terdapat di memori internal untuk menjalankan sistem operasi.

Back to Content ↑

Demikianlah artikel ini tentang, Cara Mengatasi Hp Android Lemot, Terima Kasih dan Semoga Bermanfaat.

Oldest Post