Skip to main content

Apa Saja Koin Metaverse? Ini Dia Penjelasan Lengkapnya

Apa Saja Koin Metaverse? Ini Dia Penjelasan Lengkapnya
Koin Metaverse
Images source: smarteye.id

Apa Saja Koin Metaverse? Ini Dia Penjelasan Lengkapnya

Perusahaan teknologi di dunia sedang gencar mempersiapkan dan memulai proyek metaverse. Bersamaan dengan itu, koin metaverse pun mulai populer. Anda yang memiliki ketertarikan untuk berinvestasi di mata uang kripto atau digital, sebaiknya simak artikel ini sampai akhir.

Meski teknologi metaverse masih belum lama berkembang, koin di dalamnya sudah mulai bermunculan dan menarik perhatian pasar. Bahkan hingga saat ini ada lebih dari 10 jenis mata uang yang ada di metaverse.

TOC / Daftar Isi

Mengenal Metaverse

Metaverse merupakan istilah yang sebenarnya sudah muncul pada tahun 1990-an. Namun belakangan ini, istilah tersebut baru populer kembali setelah Facebook mengumumkan perubahan namanya beserta proyek baru yang sedang digelutinya.

Hingga saat ini sebenarnya masih belum ada definisi universal untuk istilah metaverse itu sendiri. Namun sebagian besar ahli di bidang teknologi menyepakati bahwa metaverse adalah dunia virtual yang berbasis 3 dimensi di mana orang-orang dapat melakukan berbagai aktivitas di dalamnya.

Jadi, metaverse merupakan sebuah dunia baru yang dibuat untuk manusia supaya dapat berinteraksi dengan manusia lain melalui dunia “buatan”. Metaverse menggabungkan dua teknologi terkini, yaitu augmented reality (AR) dan virtual reality (VR).

Isi dari metaverse sendiri mengadaptasi dari dunia nyata. Di dalamnya, pengguna bisa melakukan berbagai hal, mulai dari rapat atau mengadakan pertemuan, bekerja, berbelanja, bahkan berjalan-jalan.

Back to Content ↑

Apa Itu Koin Metaverse?

Dengan penjelasan di atas, Anda tentu sudah memiliki gambaran mengenai metaverse. Seiring dengan kepopuleran metaverse, ada satu lagi istilah yang belakangan ini muncul yaitu koin metaverse atau metaverse crypto. Apakah itu? Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Pengertian dari metaverse crypto adalah salah satu bagian dari crypto currency atau mata uang kripto yang mendanai setiap platform metaverse, yang dapat berupa biaya blockchain, node rewards, dan sebagainya.

Bisa disimpulkan bahwa metaverse coint adalah mata uang yang dipakai di dunia metaverse. Belakangan ini, mata uang metaverse ini tengah naik daun dan menjadi perbincangan banyak orang. Bahkan nilainya semakin meningkat dari hari ke hari.

Back to Content ↑

Berbagai Jenis Koin Metaverse

Saat ini, ada banyak sekali jenis metaverse crypto currency yang mulai diperkenalkan. Simak detailnya di bawah ini.

Back to Content ↑

1. Alien Worlds (TLM)

Alien Worlds memiliki kode TLM yang telah diluncurkan pada April 2021 yang lalu. Koin kripto yang satu ini termasuk yang paling populer dan dikenal di pasaran.

Perlu Anda ketahui bahwa Alien Worlds merupakan game 2 dimensi yang berbasis browser serta dibangun di atas blockchain WAX. Alien Worlds juga terintegrasi dengan Binance Smart Chain.

Pemain Alien Worlds juga memungkinkan para pemainnya untuk menginvestasikan token Trilium di Smart Chain sehingga mereka mendapatkan hadiah.

Back to Content ↑

2. ONSTON

Onston merupakan ekonomi dengan basis blockchain yang berorientasi pada platform multi metaverse. Peluncurannya sendiri dilakukan pada November 2021.

Sebenarnya, Onston sendiri merupakan salah satu platform di metaverse yang fokus pada game untuk tujuan hiburan, komunikasi, dan gaya hidup yang ingin melebarkan sayapnya ke layanan keuangan. Kalau Anda ingin berinvestasi di Onston, belilah melalui DigiFinex, LBank, dan Bittrex.

Back to Content ↑

3. Star Atlas (ATLAS)

Peluncuran Star Atlas dilakukan pada dua bulan sebelum Onston. Lebih tepatnya diluncurkan pada bulan September 2021 yang lalu. Star Atlas sendiri merupakan koin metaverse yang dibangun di atas Solana. Star Atlas sendiri termasuk yang paling populer.

Star Atlas memberikan layanan berupa permainan strategi dan eksplorasi luar angkasa dan termasuk salah satu proyek paling dinantikan di industri crypto currency. Jika Anda berniat untuk membeli ATLAS, maka lakukan pembelian di bursa berbasis DEX dan Solana seperti FTX dan Raydium.

Back to Content ↑

4. PlayDapp (PLA)

Ternyata, setahun sebelum seluruh koin metaverse di atas ada PlayDapp yang sudah diluncurkan sebelumnya. PlayDapp diluncurkan pada Oktober 2020. PlayDapp sendiri merupakan sebuah ekosistem permainan yang ditenagai oleh blockchain.

Visinya adalah untuk menciptakan dunia baru tempat aset digital menjadi lebih berharga serta bisa diakses oleh semua orang. Fokusnya adalah pada game yang bisa dinikmati oleh semua orang. PlayDapp menggabungkan aspek play to earn melalui DeFi dan NFT.

Saat ini, PlayDapp sudah berada di versi alfa yang disebut sebagai PlayDapp Town oleh mereka. Versi ini dirilis pada Juni 2021 di Roblox. Jika Anda memiliki minat untuk membeli PLA, lakukan di Uniswap, Coinbase, atau Binance.

Back to Content ↑

5. WAX (WAXP)

Jauh sebelum PlayDapp, WAX justru sudah diluncurkan pada Desember 2017 lalu. Jauh sebelum istilah metaverse populer seperti sekarang ini.

WAX sendiri merupakan salah satu blockchain yang berada di tingkatan paling atas untuk jenis metaverse crypto dan proyek game. WAX memudahkan para pengguna baru untuk mulai memainkan metaverse crypto.

Worldwide Asset eXchane (WAX) memiliki mekanisme bukti kepemilikan yang sangat unik. Karena sudah lebih lama, WAX tentu lebih stabil dibandingkan metaverse crypto yang lain. WAX adalah pilihan yang tepat untuk Anda karena lebih mudah untuk berinvestasi di sini.

Back to Content ↑

6. Revomon (REVO)

Revomon atau REVO diluncurkan pada April 2021. Revolution Monster atau Revomon adalah sebuah proyek metaverse yang dibuat karena terinspirasi dari Pokemon. Revomon menampilkan model play to earn.

Artinya, pengguna akan mendapatkan penghargaan ketika dirinya berpartisipasi dalam sebuah ekosistem.

Revomon dikembangkan menggunakan mesin game Unity. Mungkin Anda juga sudah tidak asing dengan Unity tersebut. Permainan ini melibatkan pengguna untuk menjinakkan monster yang liar sekaligus mengumpulkan pasukan Revomon.

Revomon memiliki kapitalisasi pasar di bawah 10 juta dolar. Proyek ini memang sempat dipandang sebelah mata namun di Februari 2022 ini cukup menyita perhatian. Jika ingin berinvestasi di Revomon, Anda bisa membelinya di PancakeSwap, Gate.io, atau Uniswap.

Back to Content ↑

7. Wilder World (WILD)

Wilder World atau WILD adalah salah satu jenis koin metaverse ultra realistis yang paling ditunggu di pasar. WILD ini diluncurkan pada Mei 2021 lalu. Para developer Wilder World Juga tengah mengembangkan metaverse yang basisnya Ethereum dan menggunakan Unreal Engine 5.

Proyek tersebut mencoba memberikan pengalaman yang menarik kepada pengguna dengan memanfaatkan teknologi terbaru.

Meski belum genap setahun usianya, Wilder World sudah mempunyai metaverse market aktif. Adapun metaverse market tersebut menampilkan berbagai koleksi NFT seperti bangunan, sepatu, mobil, dan sebagainya.

Bahkan baru-baru ini, Wilder World kembali menarik perhatian dengan mengumumkan kemitraan mereka bersama Ledger. Ledger sendiri merupakan penyedia hardware serta perangkat keamanan utama di industri.

Back to Content ↑

8. Enjin Coin (ENJ)

Jenis koin metaverse terakhir yang dibahas di sini adalah Enjin Coin atau ENJ. Enjin Coin sendiri adalah sebuah perusahaan yang menyediakan game berbasis blockchain.

Perusahaan ini memiliki platform Enjin Network yang memungkinkan pengguna untuk membuat web, melakukan komunikasi, dan memiliki penyimpanan barang secara virtual.

Ternyata ada banyak sekali jenis mata uang atau koin metaverse. Jika Anda ingin berinvestasi di salah satunya, sebaiknya pertimbangkan berbagai hal, terutama fundamentalnya. Jangan hanya mengandalkan nafsu dan gengsi karena berinvestasi di metaverse crypto harus diperhitungkan.