Skip to main content

Apple Pay Indonesia

Apple Pay Indonesia
Apple Pay Indonesia
Images source: macpoin.com

Apple Pay Indonesia

Berkembangnya era digital membuat berbagai perusahaan mulai mengembangkan sistem pembayarannya sendiri. Hal itu juga dilakukan oleh Apple dengan menyediakan layanan pembayaran digital bernama Apple Pay. Dengan hadirnya sistem pembayaran digital lain, apakah Apple Pay Indonesia banyak digunakan?

Seperti yang kita tahu, Indonesia sendiri sudah memiliki cukup banyak sistem pembayaran digital yang berlaku di pasaran seperti GoPay, Shopee Pay, DANA, OVO, dll. Untuk itu, mari lebih mengenal apa itu Apple Pay, bagaimana cara kerjanya, dan layanan apa saja yang sudah menggunakannya.

TOC / Daftar Isi

Apa Itu Apple Pay?

Apple Pay adalah salah satu layanan pembayaran yang dimiliki oleh Apple selain Apple Cash dan Apple Card. Khusus untuk Apple Pay, layanan yang didukung adalah transaksi pembayaran digital yang bisa diakses melalui aplikasi Wallet.

Perannya bisa menggantikan Credit Card dan juga kartu debit fisik saat berbelanja offline. Untuk bisa menggunakannya, Anda harus mendaftarkan kartu kredit di aplikasi Wallet yang ada di iOS. Nantinya, proses pembayaran menggunakan layanan ini bisa dilakukan secara nirkabel seperti NFC di Android.

Untuk sistem keamanannya, Apple Pay menggunakan Touch ID dan juga Face ID setiap kali transaksi dilakukan sehingga akan terjamin keamanannya. Layanan ini sudah hadir di banyak negara di dunia, baik di kawasan Amerika, Asia, Eropa, hingga Afrika

Back to Content ↑

Perbedaan Apple Pay, Apple Cash dan Apple Card

Meski sama-sama digunakan untuk melakukan transaksi pembayaran, sejatinya ketiga sistem pembayaran milik Apple tersebut memiliki perbedaan dalam hal penggunaannya. Untuk mengetahuinya, silakan simak ulasan di bawah ini:

Back to Content ↑

1. Apple Pay

Apple Pay merupakan layanan pembayaran online milik Apple yang berfungsi untuk melakukan pembayaran digital. Kita bisa mengakses layanan ini menggunakan aplikasi Wallet yang ada di iOS. Dengan Apple Pay, kita bisa lebih mudah melakukan pembelian di App Store atau layanan digital lainnya.

Back to Content ↑

2. Apple Cash

Jika Apple Pay akan mempermudah Anda dalam berbagai hal terkait pembayaran digital, maka Apple Cash bisa digunakan untuk tujuan yang lebih personal seperti mengirimkan uang ke pengguna Apple Cash lain. Anda juga bisa melakukan transfer ke akun bank pribadi atau sebaliknya.

Untuk bisa menggunakan layanan ini, Anda tidak diwajibkan untuk memiliki kartu kredit atau kartu debit terlebih dahulu. Akan tetapi, tidak semua pengguna Apple bisa menggunakannya. Setidaknya Anda harus berusia di atas 18 tahun sebelum bisa menikmati semua fasilitasnya.

Back to Content ↑

3. Apple Card

Dari namanya sudah bisa ditebak jika layanan ini berhubungan dengan fungsi Credit Card. Jawabannya adalah benar. Apple Card memang berfungsi seperti halnya kartu kredit yang selama ini kita tahu. Kita bisa mengajukan sejumlah saldo untuk dibelanjakan, lalu membayar tagihannya kemudian.

Untuk bisa menggunakannya, Anda harus menggunakan produk-produk dari Apple. Nantinya, akses Apple Card bisa dilakukan melalui aplikasi Wallet seperti saat menggunakan Apple Pay. Selain itu, Anda bisa mendapatkan Apple Card secara fisik seperti kartu kredit pada umumnya.

Back to Content ↑

Apple Pay di Indonesia

Bagi Anda pengguna produk-produk Apple, kehadiran Apple Pay akan memudahkan Anda untuk melakukan pembayaran di App Store, Apple Music atau berbagai layanan Apple lainnya. Sayangnya, Apple Pay Indonesia masih belum hadir di berbagai platform pembayaran digital sampai saat ini.

Sejak diluncurkan pada tahun 2014 yang lalu, Apple Pay memang belum menunjukkan perkembangan yang cukup signifikan. Secara global, mungkin hanya beberapa negara saja yang menggunakan layanan ini dengan cukup intens. Alasan inilah yang mungkin menjadikannya kurang diminati di Indonesia.

Back to Content ↑

Cara Mengatur Apple Pay di Wallet iPhone

Seperti sudah dijelaskan di atas, untuk bisa mengakses Apple Pay bisa dilakukan di aplikasi Wallet yang ada di iOS. Aplikasi Wallet atau Dompet sendiri memiliki beberapa metode pembayaran yang bisa digunakan sehingga kita perlu mengaturnya. Untuk mengatur Apple Pay, silahkan ikuti petunjuk berikut:

  • Buka aplikasi Dompet/Wallet yang ada di iPhone.
  • Setelah itu, klik tombol + (Plus).
  • Jika sudah, silahkan pilih salah satu dari tiga opsi yang muncul.
  • Pertama, Kartu sebelumnya: Anda mungkin akan diminta untuk masuk menggunakan Apple ID, kartu yang Anda hapus, atau kartu yang Anda gunakan untuk Apple Pay di perangkat lain.
  • Selanjutnya, klik Lanjutkan.
  • Silakan masukkan nomor CVV dari masing-masing kartu.
  • Kedua, Kartu kredit atau kartu debit: Jika opsi ini yang dipilih, silahkan posisikan iPhone Anda agar kartu yang digunakan muncul sebagai bingkai atau bisa juga dengan memasukkannya secara manual.
  • Ketiga, Kartu transit: Silakan masukkan nama atau lokasi kartu, atau bisa juga dengan menggesernya ke bawah agar kartu transit di area Anda terlihat.

Di luar dari ketiga opsi tersebut, Anda juga bisa menambahkan kartu dari aplikasi bank atau penerbit kartu lainnya. Nantinya, pihak penerbit kartu akan menentukan apakah Anda layak untuk menggunakan layanan Apple Pay atau tidak.

Pembayaran Apple Pay Indonesia memang belum ada di pasaran, tetapi Anda bisa menggunakannya untuk melakukan pembayaran digital Internasional yang mendukung pembayaran Apple Pay itu sendiri. Oleh karena itu, Anda bisa mencoba untuk mengaktifkan layanan ini.

Back to Content ↑

Perangkat atau Layanan yang Mendukung Apple Pay

a) Perangkat Apple

Apple Pay bisa digunakan di hampir semua perangkat Apple, mulai dari iPhone SE (2016) sampai dengan perangkat iPhone terbaru saat ini. Selain itu, Apple Pay juga bisa digunakan di semua Apple Watch yang ada. Perangkat seperti iPad juga mendukung pembayaran Apple Pay. Berikut daftar selengkapnya:

  • Seluruh seri iPhone dari mulai iPhone SE (2016) sampai dengan iPhone terbaru.
  • Semua seri Apple Watch.
  • iPad versi terbaru saat ini, iPad Pro, iPad versi kelima, iPad Mini 3 dan 4, dan iPad Air 2.
  • MacBook yang sudah menjalankan MacOS Sierra atau yang lebih baru.
b) Bank dan Lembaga Keuangan

Apple Pay juga sudah bekerjasama dengan banyak lembaga keuangan dan juga perusahaan Credit Card di Amerika sehingga membuat layanan ini terintegrasi dengan berbagai layanan pembayaran dari lembaga-lembaga yang bersangkutan.

Secara lengkap Apple telah menginformasikan negara ataupun lembaga mana saja yang sudah mendukung layanan Apple Pay. Untuk mengetahuinya silakan klik link berikut https://support.apple.com/id-id/HT207957.

c) Toko, Situs, ataupun Aplikasi

Ada ratusan merek dan juga situs web yang sudah mendukung sistem pembayaran Apple Pay seperti 7-eleven, Fandango, GameStop, dll. Layanan-layanan tersebut telah mencakup berbagai hal, mulai dari film, series, musik, aplikasi, dan juga produk digital dari Apple lainnya.

Anda hanya perlu mengisi sejumlah saldo pada akun Apple Pay yang dimiliki, lalu dengan saldo tersebut bisa melakukan pembayaran apapun yang diinginkan selama transaksi tersebut menyediakan metode pembayaran menggunakan Apple Pay. Hal ini sama saja dengan pembayaran digital lainnya.

Back to Content ↑

Kesimpulan

Pada dasarnya, Apple Pay Indonesia masih belum menjadi salah satu metode pembayaran digital yang digunakan. Meski begitu, beberapa layanan Apple seperti Apple Music, Apple TV, iCloud Drive, atau lembaga keuangan, aplikasi, situs, dan marketplace yang bekerjasama bisa menggunakannya.