Skip to main content

Cara Mengaktifkan Hotspot iPhone

Cara Mengaktifkan Hotspot iPhone
Cara Mengaktifkan Hotspot iPhone
Images source: tekno.sindonews.com

Cara Mengaktifkan Hotspot iPhone

Jika kita ingin berbagi koneksi internet dengan orang lain, tentu kita harus mengaktifkan hotspot di ponsel kita terlebih dahulu. Hal ini bisa dilakukan baik menggunakan perangkat iPhone maupun Android. Mereka yang sudah terbiasa menggunakan Android, mungkin akan bingung cara mengaktifkan hotspot iPhone.

Padahal, cara melakukannya cukup mudah dan sama saja dengan di Android. Perbedaan letak pengaturan hotspot bisa jadi membuat pengguna baru iPhone merasa sedikit bingung untuk mengaktifkannya. Untuk itu, silakan simak pembahasan pada artikel ini untuk mengetahui cara melakukannya.

TOC / Daftar Isi

Cara Mengaktifkan Hotspot iPhone

Untuk bisa mengaktifkan hotspot di iPhone, kita bisa masuk ke pengaturan tentang hotspot pribadi dan mengaktifkan izin akses. Dengan begitu, perangkat lain bisa terhubung ke hotspot tersebut dan menggunakan internet seperti saat menggunakan wifi.Berikut adalah langkah-langkah melakukannya:

  • Pertama, silahkan buka Pengaturan iPhone.
  • Setelah itu, pilih pengaturan Seluler.
  • Selanjutnya, pilih Hotspot Pribadi atau Pengaturan.
  • Pilih Hotspot Pribadi.
  • Di dalam menu pengaturan Hotspot Pribadi, silakan geser tombol toggle ke arah kanan untuk mengaktifkannya.

Sampai di sini hotspot di iPhone sudah aktif dan bisa diakses oleh perangkat lain. Jaringan hotspot ini akan dideteksi setelah perangkat lain mengaktifkan wifi.

Back to Content ↑

Hubungkan Hotspot Pribadi dengan Wifi, USB dan Bluetooth

Cara mengaktifkan hotspot iPhone dan menghubungkannya ke perangkat lain bisa dilakukan melalui 3 perantara, yaitu WIfi, kabel USB (tethering) dan juga Bluetooth. Untuk mengetahui ketiga cara tersebut, silahkan simak ulasannya berikut ini:

Back to Content ↑

1. Wifi

Cara terhubung yang pertama adalah melalui jaringan Wifi sehingga perangkat apapun yang bisa mengakses jaringan wifi bisa menggunakan koneksi internet dari hotspot pribadi kita di iPhone. Silahkan nyalakan pengaturan Wifi seperti cara di atas, yaitu:

  • Masuk ke Pengaturan > Seluler > Hotspot Pribadi atau Pengaturan > Hotspot Pribadi dan pastikan pengaturannya sudah diaktifkan.
  • Atur sandi jika ingin memberikan sandi saat orang lain ingin terhubung ke hotspot yang sudah kita aktifkan. Caranya, klik opsi Kata Sandi Wifi, lalu masukkan sandi untuk mengakses hotspot pribadi tersebut.
  • Jika tidak ingin menggunakan sandi, Anda tidak perlu mengaktifkan opsi Kata Sandi Wifi tersebut.
  • Jangan tutup layar Anda sampai perangkat lain sudah terhubung ke hotspot tersebut.

Untuk perangkat yang ingin terhubung ke hotspot yang sudah kita buat, silahkan ikuti petunjuk berikut ini:

  • Silahkan aktifkan fitur Wifi untuk mencari hotspot di sekitar.
  • Temukan hotspot dari iPhone yang sudah diaktifkan sebelumnya.
  • Pilih hotspot tersebut.
  • Masukkan sandi jika diminta.
  • Setelah itu, klik OK.
  • Secara otomatis perangkat tersebut akan terhubung ke jaringan hotspot yang sudah kita buat dan bisa menggunakan internet secara normal.

Back to Content ↑

2. Bluetooth

Berikutnya, jaringan hotspot atau internet dari iPhone bisa dibagikan melalui Bluetooth. Perbedaannya dengan Wifi di atas adalah pada jarak atau area berbaginya yang mana untuk Bluetooth hanya bisa dilakukan dengan jarak yang lebih dekat. Berikut langkah-langkah menghubungkannya:

  • Pastikan perangkat Anda bisa ditemukan menggunakan jaringan Bluetooth dengan tidak menutup layar ketika sedang dalam proses menghubungkan.
  • Silakan buka menu Pengaturan > bluetooth. Pastikan layar tidak Anda tutup.
  • Setelah itu, ikuti petunjuk untuk menghubungkan jaringan internet melalui bluetooth yang sudah disediakan oleh pihak Apple atau silakan kunjungi link berikut https://support.apple.com/id-id/HT203302.
  • Beberapa perangkat yang bisa terhubung dengan cara ini antara lain Mac, PC, atau perangkat pihak ketiga lain yang mendukung fitur bluetooth.

Back to Content ↑

3. Kabel USB

Cara mengaktifkan hotspot iPhone dan menghubungkannya dengan perangkat lain selanjutnya adalah dengan menggunakan kabel USB. Cara ini biasa kita sebut dengan tethering. Untuk melakukannya, pastikan Anda sudah menggunakan iTunes versi terbaru.

Selanjutnya, kita hanya perlu menghubungkan iPhone atau iPad kita ke komputer melalui kabel USB yang sudah disertakan saat kita membeli perangkat. Jika muncul notifikasi “Percayai komputer ini?”, pilih saja “Percaya”.

Cara ini termasuk bisa digunakan untuk berinternet dalam waktu lama karena selain bisa berbagi internet, iPhone yang digunakan juga tidak cepat mati karena bisa sambil diisi dayanya saat terhubung dengan komputer. Bagi Anda yang membutuhkan koneksi internet dengan durasi cukup lama, cara ini bisa dipilih.

Back to Content ↑

Memberi Izin Keluarga Untuk Bergabung Tanpa Sandi

Meski kita menerapkan kata sandi pada iPhone yang kita gunakan saat berbagi hotspot, fitur Keluarga Berbagi bisa melewati proses tersebut dan bisa mengakses jaringan hotspot secara otomatis. Dengan begitu, beberapa orang bisa dengan bebas menggunakan koneksi internet yang kita bagikan.

Hal ini sangat berguna ketika ketika mengaktifkan jaringan hotspot di area umum yang bisa diakses oleh siapa saja termasuk keluarga kita. Agar bisa menerapkan cara ini, silahkan simak beberapa langkah di bawah ini:

  • Pada perangkat iPhone yang ingin membagikan hotspot, silahkan buka menu Pengaturan.
  • Setelah itu, pilih opsi Hotspot Pribadi.
  • Pilih Keluarga Berbagi.
  • Silahkan nyalakan opsi tersebut.
  • Masukkan nama-nama atau siapa saja anggota keluarga yang bisa bergabung secara otomatis tanpa perlu meminta persetujuan untuk menggunakan hotspot yang Anda bagikan.

Back to Content ↑

Cara Memutuskan Sambungan Hotspot iPhone

Jika sudah dirasa cukup untuk menggunakan jaringan hotspot yang Anda bagikan, maka kita bisa mematikan atau memutuskan hotspot tersebut, yaitu dengan cara masuk ke pengaturan seluler hotspot pribadi atau pengaturan hotspot pribadi. Silahkan geser tombol ke kiri untuk mematikannya.

Jika tersambung menggunakan jaringan bluetooth, maka kita hanya perlu mematikan mode bluetooth di iPhone yang kita gunakan. Hal yang sama juga bisa dilakukan jika kita menggunakan kabel USB (tethering), yaitu dengan melepas kabel USB dari komputer yang digunakan.

Back to Content ↑

Mengubah Kata Sandi Pada Hotspot iPhone

Seperti yang sudah dibahas di atas, kita bisa menerapkan kata sandi agar tidak sembarang orang bisa mengakses hotspot dari perangkat iPhone Anda. Cara mengubah sandi tersebut sama saja dengan cara membuatnya pertama kali. Berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, silahkan masuk ke pengaturan > seluler > hotspot Pribadi atau pengaturan > hotspot pribadi. Silahkan pilih opsi Kata Sandi Wifi.
  • Setelah itu, hapus kata sandi sebelumnya, lalu isi dengan kata sandi yang baru.
  • Agar tidak mudah ditebak, pastikan anda menggunakan kata sandi yang terdiri dari huruf besar, huruf kecil, simbol dan juga angka.
  • Jika sudah, klik OK.
  • Sampai di sini, sandi untuk hotspot yang Anda bagikan sudah berubah dengan sandi yang baru.

Pada dasarnya, jika seseorang ingin terhubung dengan hotspot yang sama, maka proses selanjutnya tidak perlu memasukkan kata sandi lagi dengan syarat kata sandinya masih sama. Namun, jika kata sandi sudah sempat diganti, maka proses selanjutnya perlu memasukkan kata sandi yang baru.

Back to Content ↑

Kesimpulan

Cara mengaktifkan hotspot iPhone sebenarnya merupakan proses yang mudah dan tidak jauh berbeda dengan Android. Namun, bagi beberapa orang yang benar-benar baru menggunakan iPhone, cara ini mungkin sedikit membingungkan. Untuk itu, silahkan simak langkah-langkah di atas untuk melakukannya.