Skip to main content

Cloud Storage Adalah

Cloud Storage Adalah
Cloud Storage
Images source: cloudraya.com

Cloud Storage Adalah

Cloud storage adalah inovasi yang saat ini marak digunakan untuk menunjang segala aktivitas harian di era digital seperti sekarang. Ada banyak fungsi dan manfaat yang dapat dinikmati saat memakai teknologi berbasis jaringan internet tersebut.

Diantaranya dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan personal, keperluan bisnis, hingga edukasi. Berbicara seputar praktek bisnis, cloud storage kian diminati perusahaan. Pasalnya sangat ampuh untuk mengakomodir segala kebutuhan penyimpanan data supaya lebih aman dan fleksibel.

Hingga sekarang tercatat banyak departemen yang memanfaatkan teknologi cloud storage. Diantaranya seperti divisi kreatif, pemasaran atau manajemen yang perlu untuk memantau data harian. Wajar jika Cloud storage menjadi kebutuhan penting bagi perusahaan.

TOC / Daftar Isi

Manfaat Cloud Storage

Setelah tahu tentang definisi atau pengertian cloud storage, kini kamu harus tahu apa saja manfaat yang didapat dari cloud storage untuk aktivitas bisnis.

Untuk dunia bisnis, cloud storage merupakan pilihan layanan yang sangat penting. Wajar banyak pebisnis yang bilang jika platform ini seperti nyata bisnis yang sedang dijalankan.

Agar paham mengenai platform ini, beberapa manfaat cloud storage adalah sebagai berikut :

Back to Content ↑

1. Membantu mengoptimalkan proses arsip data

Memasuki era baru serba digital seperti sekarang, data adalah aset utama bisnis yang wajib dijaga dengan baik oleh setiap perusahaan.

Bisa dibayangkan bagaimana jadinya jika manajemen perusahaan data penting terkait kontak pelanggan, dokumentasi dan histori penjualan rusak atau bahkan hilang karena disimpan di media penyimpanan konvensional.

Perlu diketahui bahwa cloud storage mampu meminimalisir setiap kejadian buruk yang bisa saja terjadi. Misalnya pembobolan data perusahaan ataupun sebagainya.

Kenapa bisa begitu? Pasalnya sistem yang digunakan di cloud storage sepenuhnya sudah berjalan secara online dan terkoneksi dengan internet.

Yang akhirnya membuat setiap arsip data yang disimpan ke komputasi awan (Cloud) dapat lebih aman dan mudah dikelola sesuai kebutuhan masing-masing penggunanya.

Back to Content ↑

2. Cloud storage untuk alat berbagi

Yang perlu diketahui di sini, cloud storage adalah media yang juga dapat digunakan untuk file sharing sesuai keinginan penggunanya masing-masing.

Artinya, saat mengupload data perusahaan, setiap anggota perusahaan dapat membagikan data tersebut dengan mudah. Cukup beberapa kali klik saja dan proses pengiriman data langsung dapat dilakukan dengan mudah.

Yang paling menarik di sini adalah mayoritas layanan cloud storage sudah memberi fitur auto-synchronize kepada setiap penggunanya.

Sehingga penggunanya tidak perlu repot untuk mengunggah file satu persatu ke platform yang telah disiapkan. Tentu saja lebih ringkas dan efisien.

Back to Content ↑

3. Memaksimalkan administrasi bisnis

Selanjutnya teknologi ini juga mampu mengoptimalkan administrasi bisnis perusahaan karena lebih efektif dan juga efisiensi terhadap fitur sharing data.

Misalnya sangat bagus untuk perusahaan jasa pengiriman yang mempunyai banyak kantor cabang di kota yang berbeda di Indonesia.

Dengan adanya cloud storage membuat bagian admin menjadi lebih mudah melihat data kantor di setiap kota lain secara real time tanpa harus mengirim dan mendownload file dahulu.

Begitu juga dengan jajaran eksekutif perusahaan, setiap waktu dapat dengan mudah mengecek data perusahaan kapan dan dimana saja tanpa harus membawa media penyimpanan eksternal.

Back to Content ↑

4. Cloud storage dapat menghemat biaya administrasi perusahaan

Cloud storage adalah layanan terbaik jika ingin menghemat biaya administrasi perusahaan yang kamu miliki. Penghematan biaya yang dimaksud disini adalah biaya kebutuhan penyimpanan data ataupun arsip perusahaan saat diperlukan.

Hal tersebut bisa terjadi karena saat menggunakan cloud storage, perusahaan sudah tidak perlu memakai hardisk untuk media penyimpanan setiap data yang diperlukan.

Tak hanya itu saja, dengan nihilnya komponen fisik seperti harddisk, tentu saja setiap perusahaan tidak memerlukan dana darurat untuk melakukan maintenance ataupun biaya perbaikan saat ada kerusakan di dalam data. Jadi lebih hemat untuk pengeluaran perusahaan.

Back to Content ↑

5. Kontrol data tidak gampang bocor

Salah satu kelemahan proses penyimpanan data yang dilakukan secara konvensional adalah sangat rawan terjadinya kebocoran data atau penyalahgunaan data yang dilakukan pihak tak bertanggung jawab.

Hal tersebut karena pemilik data sangat sulit untuk memantau akses setiap pengguna yang mengakses data tersebut. Sebagai seorang pengguna, biasanya pengakses data bakal kesulitan dan bingung dengan file yang telah dikerjakan.

Hal tersebut terjadi karena ada banyak pengguna yang mempunyai akses ke data tersebut sehingga ribet untuk di pantau arus akses datanya. Dengan mengandalkan manajemen cloud storage, tentunya banyak sekali fitur yang dapat digunakan.

Contohnya yang paling terlihat adalah mudahnya pelacakan user terakhir yang melakukan pengeditan dokumen hingga mengatur siapa saja yang dapat mengakses data supaya data penting perusahaan tidak bocor ke tangan kompetitor.

Back to Content ↑

6. Cloud storage ramah lingkungan

Membutuhkan penyimpanan yang ramah lingkungan? Cloud storage adalah jawaban yang sangat tepat. Pasalnya penyimpanan ini telah berbasis komputasi awan yang biasanya sudah menggunakan teknologi server.

Di mana komputasi tersebut telah dioptimalkan untuk dapat beroperasi dengan efisien. Tak hanya itu saja, pemakaian Cloud storage juga tidak menghasilkan sampah dari barang bekas harddisk rusak.

Pasalnya memang tidak ada perangkat fisik yang dapat dilihat di penyimpanan data ini. Tak hanya ramah lingkungan saja, adanya cloud storage membuat pengguna lebih ringkas karena tidak banyak tempat untuk menyimpan perangkat fisik seperti hardisk.

Back to Content ↑

Contoh Cloud Storage

Ada banyak contoh layanan cloud storage yang dapat kamu temukan di sekitar. Ada layanan yang berbayar tapi ada juga yang dapat digunakan secara gratis sehingga penggunanya tidak perlu membayar terlebih dahulu.

Agar semakin paham, berikut beberapa contoh layanan cloud storage yang banyak digunakan di sekitar kita :

Back to Content ↑

1. Google Drive

Google Drive adalah layanan atau platform cloud storage yang paling populer saat ini. Tak hanya telah terintegrasi dengan akun Google, layanan Google Drive juga menawarkan kapasitas penyimpanan yang cukup lega hingga 15 GB.

Google Drive dapat digunakan secara gratis tanpa harus berlangganan terlebih dahulu. Penawaran tersebut sangat cocok bagi pebisnis kecil yang tengah merintis usahanya.

Back to Content ↑

2. Dropbox

Tak hanya Google Drive, Dropbox juga jadi salah satu layanan cloud storage yang menarik minat banyak pengguna internet di Indonesia. Hanya saja kapasitas penyimpanan gratis yang diberikan di Dropbox memang tidak sebesar Google Drive.

Tapi tenang saja karena fitur dan antarmukanya yang diberikan di sini relatif lebih bagus. Dropbox cloud storage adalah pilihan terbaik bagi yang punya dana agak lumayan untuk berlangganan.

Back to Content ↑

3. OneDrive

OneDrive juga bisa menjadi pilihan cloud storage yang paling direkomendasikan. Layanan cloud storage ini merupakan milik Microsoft. Umumnya, cloud storage ini sudah langsung tersedia bagi yang baru menggunakan sistem operasi Windows terbaru.

Agar memaksimalkan penyimpanan data yang kamu miliki, tak ada salahnya jika memanfaatkan layanan OneDrive supaya penyimpanan data yang kamu lakukan jadi lebih optimal. OneDrive bisa menjadi pilihan terbaik jika membutuhkan fitur yang lebih canggih.

Back to Content ↑

Penutup

Bagi pemilik perusahaan atau instansi tertentu, keberadaan data sangatlah penting. Cloud storage adalah salah satu penyimpanan data penting yang perlu diperhatikan karena lebih aman, efisien dan efektif untuk setiap aktivitas data yang dilakukan oleh penggunanya.