Skip to main content

Memilih PC Gaming

Memilih PC Gaming
Memilih PC Gaming
Images source: kepoingame.com

Memilih PC Gaming

Memilih PC gaming bukanlah hal yang mudah, mengingat ada banyak sekali hal yang harus Anda perhatikan. Baik dari brand atau merek PC, spesifikasinya, kelengkapan, keamanan, dan berbagai aspek lainnya.

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena sekarang PC gaming sudah sangat mudah ditemukan. Hal ini tidak terlepas dari game PC yang kini kian populer, adanya ekspor dan berbagai turnamen juga membuat perkembangan di dunia game semakin pesat.

TOC / Daftar Isi

Tips Memilih PC Gaming

Bagi Anda yang memiliki keinginan untuk membeli PC, maka Anda bisa menyimak tips memilih PC untuk gaming agar nantinya tidak salah dalam memilih PC:

Back to Content ↑

1. Pilih Brand atau Merek PC Gaming Terbaik

Menentukan brand atau merek PC tentunya sangatlah penting untuk dilakukan, mengingat hal ini berkaitan langsung dengan kelebihan dan kekurangan PC yang akan dibeli. Usahakanlah beli PC dengan merek yang sudah terkenal agar kualitasnya lebih terjamin.

Sebut saja seperti Lenovo Legion, Asus ROG, Acer Predator, dan lain sebagainya. Selain kualitasnya lebih terjamin, PC dengan brand terkenal akan membuat Anda lebih mudah dalam mencari sparepart atau aksesoris gaming bila dibutuhkan.

Selain itu PC gaming dengan brand terkenal mempunyai garansi yang terjamin, bahkan service center PC gaming umumnya akan dibedakan dengan PC biasa. Oleh karena itu usahakan belilah PC dengan brand yang bagus dan berkualitas.

Back to Content ↑

2. Ketahui Spesifikasi PC yang Dibutuhkan

Ketahui pula spesifikasi PC yang akan dibeli, dimana spesifikasi ini meliputi Processor, RAM, GPU, penyimpanan internal, dan berbagai spesifikasi lainnya. Dengan begitu Anda bisa mendapatkan PC yang mampu menjalankan berbagai jenis game.

Jangan lupa untuk memilih spesifikasi yang bisa diupgrade, hal tersebut bertujuan agar Anda dapat menggunakan PC dalam jangka waktu lama. Mengingat setiap harinya game PC akan bertambah modern dan tentunya semakin berat untuk dimainkan di sebuah PC.

Back to Content ↑

3. Cari Tempat Penjualan PC Gaming Terpercaya

Apabila Anda memiliki tempat langganan untuk membeli PC, maka Anda bisa membeli PC gaming di tempat tersebut. Namun bila Anda belum pernah membeli PC sebelumnya, alangkah baiknya mencari dahulu tempat jual PC gaming terpercaya.

Hal ini karena membeli PC gaming tidak boleh sembarangan, mengingat selain harganya yang mahal tentunya Anda harus memperhatikan keaslian PC. Apalagi sekarang marak terjadi penipuan yang berkedok PC gaming.

Selain itu dengan memilih tempat terpercaya, Anda juga bisa dengan mudah mencari sparepart gaming di tempat tersebut. Seperti keyboard gaming, mouse gaming, kursi gaming, headset, dan lain sebagainya.

Back to Content ↑

4. Bila Membeli PC Bekas, Jangan Tergiur dengan Casingnya

Bagi Anda yang hendak memilih PC gaming bekas, usahakanlah jangan tergiur dengan casing yang bermerek atau terlihat bagus. Melainkan cari tahu dahulu bagian dalam mesin yang digunakan, mulai dari processor, GPU, sistem cooler, dan berbagai hal lainnya.

Mencoba menggunakan PC menjadi cara termudah yang bisa Anda lakukan, dimana Anda bisa merasakan sendiri kondisi dan keadaan PC tersebut. Bahkan bila memungkinkan Anda bisa membawanya pulang dahulu dan mencoba sendiri di rumah.

Back to Content ↑

5. Jangan Hanya Berfokus Pada RAM

Saat membeli sebuah perangkat digital, kebanyakan orang akan melihat kapasitas RAM sebagai patokan utamanya. Padahal RAM yang besar belum tentu dapat membuat PC semakin kencang, melainkan ada banyak sekali komponen yang harus diperhatikan.

Disini Anda juga harus melihat prosesor, kartu grafis, SSD, dan berbagai komponen lainnya. Dengan begitu barulah Anda bisa mendapatkan PC dengan spesifikasi mumpuni untuk bisa bermain game yang berat.

Akan tetapi RAM juga memiliki peran yang penting, setidaknya dibutuhkan RAM 16 GB agar Anda bisa memainkan game dengan lancar. Sehingga carilah RAM yang memadai bila Anda ingin PC gaming memiliki performa maksimal.

Back to Content ↑

6. Perhatikan Kapasitas Penyimpanan

Kapasitas penyimpanan atau SSD tentunya menjadi hal yang cukup vital, terutama untuk menyimpan berbagai jenis game sekaligus beserta data-data yang ada di dalamnya. Mengingat game saat ini memiliki ukuran yang besar dan data yang banyak pula.

Umumnya PC gaming membutuhkan setidaknya ruang 512 GB untuk dapat menyimpan semua data game yang ada. Bahkan ada pula beberapa PC gaming yang menyediakan penyimpanan hingga 1 sampai 2 TB.

Namun bagian ini bisa Anda abaikan terlebih dahulu, karena penyimpanan bisa diupgrade sendiri nantinya setelah Anda membutuhkan penyimpanan besar. Akan tetapi bila dari awal sudah memiliki penyimpanan yang besar, maka akan lebih baik lagi untuk penggunaan dari PC gaming itu sendiri.

Back to Content ↑

7. Carilah PC yang dapat di Upgrade

Perkembangan game PC saat ini memang sangat pesat, dimana setiap harinya game akan bertambah modern dan tentu bertambah berat juga. Oleh karena itu saat Anda membeli PC, usahakan carilah PC terbaru atau carilah PC yang dapat melakukan upgrade.

Dengan demikian Anda bisa terus melakukan upgrade PC setiap terdapat game berat muncul atau mengikuti trend yang ada. Biasanya ada beberapa bagian PC yang bisa di upgrade, seperti SSD, sistem cooler, sistem operasi, dan lain sebagainya.

Back to Content ↑

8. Lihat Kualitas Power Supply yang Dimiliki PC

Bukan hanya saat membeli PC bekas saja, namun bila Anda memilih PC gaming baru sekalipun harus memperhatikan yang namanya power supply. Power supply ini berguna sebagai sumber daya dari sebuah PC.

Semakin baik atau stabil power supply, maka semakin baik pula PC tersebut. Hal ini akan membuat lebih tahan akan game-game berat, sekaligus dapat membuat kondisi PC tetap baik dan tidak mudah rusak.

Cara melihat power supply sendiri cukup mudah, seperti menggunakan alat power supply checker, menggunakan aplikasi, atau bisa juga langsung datang ke tempat service PC.

Back to Content ↑

9. Belilah Peralatan PC Baru

Meskipun Anda membeli PC bekas, bukan berarti ia akan memiliki performa yang jelek. Dimana Anda bisa membuat PC lama seperti baru dengan mengganti peralatan PC, seperti casing, keyboard, mouse, headset, monitor, dan berbagai peralatan baru lainnya.

Dengan demikian Anda bisa merasakan menggunakan PC seperti baru, apalagi PC bisa tetap bagus untuk digunakan dan bisa lebih tahan lama lagi. Oleh karena itu belilah peralatan baru dan jangan gunakan peralatan lama, apabila Anda membeli PC gaming second.

Back to Content ↑

10. Ketahui Harga PC Gaming

Harga PC gaming tentunya menjadi hal yang wajib Anda ketahui, karena di pasaran terdapat berbagai kelas PC gaming. Mulai dari entry level yang ada di kisaran 15 sampai 20 jutaan, kelas mid end di harga 20 sampai 40 jutaan, dan kelas premium yang bisa mencapai harga diatas 50 jutaan.

Dengan mengetahui harga PC gaming, maka Anda bisa menentukan kelas PC yang akan dibeli berdasarkan budget yang ada. Barulah Anda bisa menentukan spesifikasi PC gaming minimal yang Anda inginkan.

Saat memilih PC gaming, tentunya terdapat berbagai hal yang mesti diperhatikan. Namun bila sudah mengetahui semuanya, maka memilih PC yang tepat bukan lagi masalah yang sulit. Anda hanya perlu mengikuti tips diatas agar mendapatkan PC gaming yang berkualitas.