Skip to main content

Mengenal Airdrop iPhone

Mengenal Airdrop iPhone
Mengenal Airdrop iPhone
Images source: Cnnindonesia.com

Apa Itu Airdrop iPhone dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Bagi pengguna iPhone, fitur Airdrop tentu sudah menjadi andalan jika ingin berbagi file dengan pengguna iPhone atau pengguna perangkat Apple lainnya. Namun, bagi pengguna Android yang baru pertama kali berpindah ke iPhone masih sedikit bingung dengan cara menggunakan Airdrop iPhone tersebut.

Hal itu wajar mengingat beberapa pengoperasian pada fitur-fitur di iOS sedikit berbeda dengan Android. Meski begitu, dengan beberapa penyesuaian saja hal tersebut bisa dengan mudah diatasi. Bagi Anda yang belum mengenal Air Drop dan ingin tahu cara menggunakannya, silahkan simak pembahasan kita kali ini.

TOC / Daftar Isi

Apa Itu Air Drop iPhone?

Fitur Airdrop di iPhone merupakan sebuah fitur yang dapat mengirimkan file antar perangkat Apple dengan cepat dan tidak membutuhkan kuota karena memanfaatkan jaringan Wifi dan juga Bluetooth. Misalkan Anda ingin mengirimkan sebuah video antar perangkat Apple, maka fitur ini bisa digunakan.

Jika di Android, fitur ini mungkin bisa dikatakan hampir mirip dengan fitur NFC atau penerapan aplikasi Share It. Fitur Air Drop lebih baik digunakan dibanding mengirim file via email, Line, atau Whatsapp. Pasalnya, pengiriman file dengan cara ini bisa dilakukan lebih cepat dan tidak memerlukan kuota.

Agar bisa menggunakan fitur Airdrop iPhone ini, setidaknya Anda menggunakan iPhone 5 ke atas, iPad generasi keempat atau lebih baru, iPad Touch, atau iPad Mini. Selain itu, Setidaknya Anda juga harus menggunakan iOS 7 atau lebih baru agar ngebut saat proses transfer file dilakukan.

Back to Content ↑

Cara Kerja Air Drop iPhone

Fitur ini memanfaatkan koneksi Bluetooth untuk membentuk jaringan Wifi peer-to-peer antara kedua perangkat yang saling berkirim file. Masing-masing dari perangkat tersebut nantinya akan membentuk firewall koneksi sendiri sehingga bisa mengenkripsi data atau file yang dikirimkan.

Cara kerja ini benar-benar mirip seperti saat kita menggunakan aplikasi Share It yang ada di Android. Seperti halnya aplikasi tersebut, Air Drop juga hanya bisa dilakukan melalui jarak yang relatif dekat sehingga jika kita melakukannya dengan jarak yang terlalu jauh, maka proses pengiriman file tidak bisa dilakukan.

Sebelum menggunakan Air Drop, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh perangkat yang akan mengirim/menerima file dari Air Drop:

  • Pastikan pengirim/penerima file yang akan menggunakan fitur Air Drop berada di jarak yang mendukung (berdekatan).
  • Pengirim atau penerima file harus menyalakan Bluetooth dan juga Wifi, serta mematikan Hotspot Pribadi jika masih hidup.
  • Penerima file harus mengatur Air Drop agar bisa menerima file hanya dari kontak yang sudah disimpan. Syarat untuk bisa menerima file via Air Drop adalah sudah memiliki alamat email dan juga Apple ID dari si pengirim di dalam kontaknya.
  • Jika penerima tidak memiliki nomor ID pengirim, maka ubah pengaturan penerimaan file dari Contact Only (hanya dari kontak) ke Everyone (semua orang).

Jika kedua perangkat sudah saling mendukung untuk menggunakan fitur Air Drop, maka kita bisa langsung berbagi file menggunakan fitur ini. Untuk mengetahui caranya, silahkan simak pembahasan selanjutnya di bawah.

Back to Content ↑

Cara Menggunakan Fitur Air Drop iPhone

Oleh karena fitur Air Drop merupakan fitur bawaan dari iPhone, maka proses penggunaannya sangatlah mudah. Anda bisa menemukan fitur ini di dalam menu control panel di iPhone versi lama maupun versi terbaru. Agar lebih jelas, silakan ikuti petunjuk di bawah ini:

Back to Content ↑

1. Cara Menggunakan Air Drop di iPhone 11 atau Model Terbaru

  • Misalkan Anda ingin mengirim foto ke orang lain melalui Air Drop, silahkan buka Galeri di iPhone.
  • Setelah itu, pilih salah satu atau beberapa foto, lalu klik tombol Bagikan
  • Jika sudah, pilih ikon Air Drop.
  • Selanjutnya, dekatkan iPhone pengirim dengan iPhone si penerima (seperti saat menggunakan NFC di Android). Pastikan kedua iPhone sudah sama-sama menggunakan iPhone versi terbaru (iPhone 11 ke atas).
  • Nantinya, pengirim atau penerima file akan menemukan perangkat yang terhubung dengannya via Air Drop. Silakan pilih foto profil yang ingin berkirim file tersebut.
  • Jika sudah, proses transfer file akan mulai berjalan.
  • Silakan tunggu sampai prosesnya selesai.

Back to Content ↑

2. Cara Menggunakan Air Drop di iPhone XS, Versi Lebih Lama, iPad, atau iPod Touch

Untuk versi iPhone yang lebih lama, proses transfer hanya sedikit saja berbeda dengan cara di atas. Berikut adalah langkah-langkah melakukannya:

  • Misalkan Anda ingin mengirim foto ke perangkat Apple lain, silahkan buka Aplikasi Foto di iPhone.
  • Selanjutnya, pilih satu foto atau beberapa foto yang ingin ditransfer menggunakan Air Drop.
  • Kemudian klik tombol Bagikan.
  • Setelah itu, pilih opsi Air Drop.
  • Jika sudah, fitur Air Drop akan mencari pengguna lain untuk berbagi. Silakan pilih penerima yang diinginkan.
  • Jika saat proses pencarian perangkat Anda melihat ikon lencana dengan warna merah, berarti ada beberapa perangkat yang bisa dipilih untuk berbagi file. Silakan klik ikon lencana tersebut dan pilih pengguna yang Anda kehendaki.
  • Setelah itu, silahkan tunggu proses transfer file selesai dilakukan.

Back to Content ↑

3. Cara Menggunakan Air Drop Melalui MacBook

Jika Anda menggunakan MacBook untuk mengirim file ke perangkat Apple lainnya, maka fitur Air Drop ini juga bisa digunakan. Prosedurnya tentu cukup berbeda dengan Air Drop iPhone. Untuk mengetahuinya, silahkan simak langkah-langkah di bawah ini:

  • Silakan klik Finder.
  • Setelah itu, pilih Go.
  • Kemudian pilih Air Drop.
  • Untuk pilihan tujuannya bisa memilih antara Contact Only atau Everyone.

Setelah menerimanya, file akan masuk ke aplikasi yang sesuai dengan pengirimnya. Jika file tersebut adalah file foto, maka penerima akan membukanya di Aplikasi Foto. Jika file tersebut berupa aplikasi, maka penerima akan membuka App Store dan menuju opsi Install atau Beli.

Back to Content ↑

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Air Drop iPhone

Sejatinya, Air Drop hanya salah satu dari beberapa fitur yang ada di iPhone yang bisa digunakan untuk mengirim file ke perangkat lain. Namun, ada sejumlah kelebihan dan juga kekurangan Air Drop iPhone dibandingkan fitur transfer lainnya.

Back to Content ↑

1. Kelebihan Air Drop

  • Berbagi file dengan sesama perangkat Apple menjadi lebih mudah.
  • Proses transfer file yang dilakukan sangat terjamin keamanannya sehingga tidak berpotensi menyebarkan malware atau virus.
  • Proses transfer file bisa dilakukan dengan cepat.
  • Tidak memerlukan kuota internet untuk mengirimkan file, berapapun ukurannya

Back to Content ↑

2. Kekurangan Air Drop

  • Tidak bisa mengirim file jika jaraknya terlalu jauh. Hal ini berbeda dengan transfer file via Whatsapp atau email yang bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja tanpa dibatasi oleh jarak perangkat.
  • Adanya potensi ekspos nomor ponsel dan Apple ID pengguna Air Drop oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab.

Back to Content ↑

Kesimpulan

Dengan adanya Air Drop iPhone, proses transfer di berbagai perangkat Apple akan jauh lebih mudah. Meski begitu, fitur ini juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Bagi Anda yang belum pernah menggunakan fitur ini sebelumnya, silahkan ikuti petunjuk di atas agar bisa menggunakan fitur Air Drop.