Skip to main content

Spesifikasi PC untuk Gaming

Spesifikasi PC untuk Gaming
Spesifikasi PC untuk Gaming
Images source: imthefirstgamer01.wixsite.com

Spesifikasi PC untuk Gaming

Bermain game di PC memang sangatlah menyenangkan, namun untuk bisa bermain secara lancar tentunya Anda harus memiliki PC yang memadai. Oleh karena itu spesifikasi PC untuk gaming penting diperhatikan saat Anda hendak membeli sebuah PC.

Sekarang ini memang sudah banyak PC yang dibuat khusus untuk gaming, seperti Asus ROG, Lenovo Legion, Razer, dan banyak lagi lainnya. Akan tetapi kurang lengkap rasanya bila Anda secara tidak langsung melihat spesifikasinya sendiri.

TOC / Daftar Isi

Pentingnya Memperhatikan Spesifikasi Sebelum Membeli PC Gaming

Ada banyak alasan mengapa memperhatikan spesifikasi sangatlah penting, terutama bila Anda ingin membeli PC yang akan digunakan untuk bermain game. Baik dari segi keamanan, kenyamanan, hingga kekuatan PC itu sendiri.

PC yang tidak sesuai spesifikasi biasanya selain akan membuat game terasa kurang maksimal, ia juga dapat berbahaya untuk digunakan. Seperti bisa error, overhead, rusak, bahkan mengalami ledakan di bagian mesinnya.

Selain itu spesifikasi PC juga penting untuk keberlangsungan PC itu sendiri, mengingat semakin hari game-game PC bertambah modern dan bertambah berat. Sehingga membutuhkan spesifikasi tinggi agar PC tersebut tetap bisa Anda gunakan untuk bermain game.

Back to Content ↑

Spesifikasi PC untuk Gaming

Oleh karena itu Anda harus mengetahui spesifikasi apa saja yang dibutuhkan agar PC mampu untuk digunakan dalam bermain game. Disini terdapat berbagai komponen yang sangat penting, yaitu sebagai berikut:

Back to Content ↑

1. Processor

Processor tentunya menjadi poin paling penting saat membeli sebuah PC, dimana processor yang biasa digunakan seperti Intel atau AMD. Namun AMD menjadi processor yang banyak dipilih untuk kebutuhan gaming.

Hal tersebut bukan tanpa alasan, melainkan processor AMD dinilai lebih kuat, tahan panas, serta dapat menampilkan grafis yang lebih tinggi. Umumnya AMD Ryzen 6, AMD Ryzen7, AMD Ryzen 8, dan AMD Ryzen 9 menjadi yang paling unggul dalam hal gaming.

Back to Content ↑

2. GPU/Kartu Grafis

Semakin hari kualitas game tentunya akan semakin meningkat, dimana tampilannya yang lebih nyata serta memiliki efek 3D. Membuat PC Anda harus memiliki GPU atau kartu grafis yang memadai pula, karena bagian inilah yang berfungsi untuk mengelola gambar atau grafis di dalam sebuah PC.

GPU khusus gaming sendiri sangatlah banyak, seperti Radeon, Nvidia GeForce, GTX, dan masih banyak lagi lainnya. Tentu saja setiap kartu grafis memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Misalnya saja kelebihan di bidang frame rates, resolusi, kepadatan warna, jumlah warna, dan berbagai bidang lainnya. Oleh karena itu pilihlah GPU atau kartu grafis yang sesuai dengan kebutuhan atau keinginan Anda dalam bermain game di PC.

Back to Content ↑

3. Sistem Operasi

Meskipun sistem operasi tidak memiliki pengaruh besar dalam sektor gaming, namun ia juga perlu diperhatikan agar PC Anda bisa bekerja secara baik. Terutama kompatibilitas game yang akan Anda mainkan, karena semakin baik sistem operasi tentu akan semakin banyak game yang bisa dimainkan.

Namun Anda tidak perlu terlalu khawatir soal sistem operasinya, mengingat PC dapat melakukan upgrade ke sistem operasi terbaru bila dibutuhkan. Karena banyak PC yang sudah mendukung untuk upgrade sistem operasi di dalamnya.

Back to Content ↑

4. RAM dan ROM

Saat membeli sebuah PC atau laptop, tentunya RAM menjadi hal pertama yang biasa diperhatikan. Hal tersebut tidaklah salah, mengata RAM sangat penting dalam kinerja PC. Apalagi untuk kebutuhan gaming yang pastinya membutuhkan RAM besar agar game dapat dijalankan.

Selain itu Anda juga perlu memperhatikan ROM dari sebuah PC, dimana ROM ini berguna sebagai media penyimpanan data game nantinya. Sehingga semakin besar ROM, maka Anda bisa menyimpan data game dengan lebih banyak lagi.

Terlebih lagi dibutuhkan space yang besar agar game dapat berjalan lebih baik, sehingga game tidak terasa lemot atau mengalami frame drop. Bahkan ada pula PC yang memakai ROM hingga 1TB agar game bisa berjalan secara lancar.

Back to Content ↑

5. Sistem Cooler

Bermain game dalam waktu yang lama akan membuat PC terasa panas, hal ini dapat membuat PC terasa lebih lambat atau mengalami overheat. Oleh karena itulah dibutuhkan sistem cooler dalam PC tersebut agar suhu PC tetap stabil.

Sistem cooler pada PC sendiri bermacam-macam, mulai dari kipas, liquid, heatsink, TEC, dry ice cooler, dan masih banyak lagi lainnya. Umumnya untuk gaming menggunakan liquid atau heatsink dalam sistem cooler, namun ada pula yang menggunakan dry ice cooler sesuai dengan kebutuhan Anda.

Back to Content ↑

6. Layar PC

Bukan hanya sektor input saja, namun output seperti layar PC juga perlu untuk Anda perhatikan. Mengingat semakin bagus layar PC, maka semakin nyaman pula Anda dalam bermain berbagai jenis game yang ada di PC.

Selain itu PC juga butuh layar yang kuat dan tidak mudah overheat, karena menampilkan grafis game cenderung lebih berat ketimbang grafis biasanya. Oleh karena itu pilihlah PC dengan layar yang sudah memiliki proteksi keamanan baik.

Back to Content ↑

7. Aksesibilitas

Spesifikasi PC untuk gaming yang perlu diperhatikan lainnya yaitu aksesibilitas, dimana ia sangat penting untuk menunjang kebutuhan gaming. Misalnya saja seperti port, USB, NFC, ataupun sensor yang ada di dalam PC.

Usahakan pilihlah PC dengan aksesibilitas terbaru, hal ini agar Anda lebih mudah dalam melakukan segala hal. Mulai dari menghubungkan PC dengan aksesoris gaming, lebih kompatibel terhadap koneksi lain, dan berbagai hal lainnya.

Dengan begitu Anda tidak perlu bingung bila ingin mengganti atau menghubungkan PC dengan komponen baru nantinya. Sehingga bisa langsung Anda pasang tanpa harus membeli perlengkapan tambahan lagi.

Back to Content ↑

8. Aksesoris PC Lainnya

Secara tidak langsung aksesoris PC Gaming memiliki peranan sangat penting, terutama soal kenyamanan dalam bermain game. Disini Anda bisa membeli aksesori khusus gaming, seperti keyboard, mouse, headset, kursi gaming, dan lain sebagainya.

Biasanya aksesori gaming memiliki kekuatan serta kenyamanan yang lebih, sehingga Anda juga perlu untuk memilihnya. Jangan khawatir karena aksesoris gaming kini sudah bisa didapatkan dengan sangat mudah melalui toko online atau marketplace.

Back to Content ↑

9. Contoh PC Gaming (Minimal dan Maksimal)

Bagi Anda yang masih bingung seputar PC gaming yang akan dibeli, maka Anda bisa melihat rekomendasi spesifikasi PC untuk gaming minimal dan maksimal yang ada saat ini, dimana ada cukup banyak PC gaming yang bersaing di kelas entry dan mid end.

Untuk rekomendasi PC gaming minimal saat ini seperti HP Pavilion Gaming 15. Spesifikasinya terdiri dari processor Intel Core i7, GPU Nvidia GeForce 1650, RAM 8GB, dan ROM 256 GB. Spesifikasi tersebut sudah dapat digunakan untuk bermain game ringan hingga sedang.

Sedangkan untuk rekomendasi PC gaming paling Gahar, Anda bisa memilih Asus ROG ataupun Lenovo Legion 5. PC tersebut sudah mempunyai processor paling tinggi dari AMD yakni AMD Ryzen 9 dan AMD Ryzen Threadripper yang terkenal sangat kencang.

Mengetahui spesifikasi PC untuk gaming memang sangat penting, karena selain untuk keamanan Anda juga untuk kenyamanan dalam bermain game. Apalagi game-game PC saat ini sangatlah berat dan membutuhkan spesifikasi memadai untuk bisa memainkannya.

Back to Content ↑