Skip to main content

Tutorial Laporkan Akun yang Dibobol di Facebook Lengkap

Tutorial Laporkan Akun yang Dibobol di Facebook Lengkap
Tutorial Laporkan Akun yang Dibobol di Facebook Lengkap
Images source: hits.grid.id

Tutorial Laporkan Akun yang Dibobol di Facebook Lengkap

Facebook merupakan salah satu media sosial yang sempat populer di tahun 2010-an. Perlahan platform ini mulai ditinggalkan penggunanya. Namun kasus pembobolan akun justru semakin marak. Oleh karena itu, Anda perlu memahami cara melaporkan akun yang dibobol di Facebook.

Pembobolan akun bisa menyerang siapa saja, tanpa pandang bulu. Tidak peduli akun baru atau lama, sering digunakan atau tidak. Semua akun berisiko untuk dibobol. Oleh karena itu, Anda perlu tahu cara mengatasinya dan mengantisipasi sebelum terjadi.

TOC / Daftar Isi

Ciri Akun Facebook Dibobol

Sebelum mengetahui cara melaporkan akun yang dibobol di Facebook, Anda harus tahu dulu bagaimana ciri akun yang Facebook yang dibobol. Berikut ini rangkuman ciri-ciri yang kerap ditemui pada akun yang dibobol atau di hack.

  • Nama dan tanggal lahir pada akun Facebook berubah
  • Pengguna tidak dapat mengakses akunnya karena ada perubahan pada email atau kata sandi
  • Akun Anda mengirimkan permintaan pertemanan pada orang-orang asing atau tidak dikenal
  • Ada pesan-pesan mencurigakan yang dikirimkan kepada orang lain dan Anda tidak merasa menulis serta mengirimkan pesan tersebut
  • Ada postingan yang muncul namun tidak dibuat oleh pemilik akun.

Jika Anda menemukan satu atau beberapa ciri di atas pada akun Facebook, kemungkinan memang ada pihak tidak bertanggung jawab yang membobol akun tersebut.

Back to Content ↑

Cara Mengatasi Akun Facebook yang Dibobol

Jangan panik dulu kalau Anda menemukan beberapa ciri di atas pada akun Facebook. Segera saja lakukan penanganan. Di bawah ini terdapat beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi akun Facebook yang dibobol oleh hacker.

Back to Content ↑

1. Periksa Email

Facebook akan memberikan peringatan kepada Anda melalui email setiap kali ada aktivitas mencurigakan. Termasuk aktivitas login menggunakan perangkat baru pun akan diinformasikan oleh Facebook.

Oleh karena itu, begitu Anda merasa ada yang membobol akun Facebook, sebaiknya segera periksa email. Jika ada email berisi peringatan yang sudah disebutkan, sebaiknya segera lakukan tindakan.

Bisanya, di email yang diberikan oleh Facebook langsung ada pilihan untuk melakukan tindakan lebih lanjut.

Back to Content ↑

2. Ubah Password Sekarang Juga

Jika sudah menemukan email berisi peringatan aktivitas mencurigakan, sebaiknya segera periksa akun Facebook. Lakukan login seperti biasa. Jika Anda masih memiliki akses ke akun tersebut, segera lakukan pengubahan password atau kata sandi sekarang juga.

Ada beberapa tips yang perlu Anda tahu dalam pembuatan kata sandi baru, berikut detailnya.

  • Buat password yang mudah untuk Anda ingat, namun akan susah jika ditebak orang lain.
  • Jangan pakai password yang sama dengan akun lain seperti email atau media sosial lainnya.
  • Semakin panjang sebuah password, maka akan semakin baik.
  • Jangan gunakan unsur tanggal lahir, nomor telepon, atau nama email di dalam password.
  • Gunakan kombinasi huruf besar, kecil, simbol, dan angka.

Back to Content ↑

3. Pulihkan Akun Facebook

Apakah Anda sudah tidak punya akses ke akun Facebook lagi setelah dibobol? Jika ini yang terjadi, lakukanlah pemulihan. Temukan akun Anda melalui link berikut ini https://facebook.com/login/identify.

Masuk akun Facebook melalui situs tersebut hanya jika Anda tidak bisa mengakses akun sama sekali.

Setelah itu, lakukan pencarian akun menggunakan nomor telepon, email, atau nama lengkap. Jika sudah menemukan akun yang dimaksud, lakukan langkah berikutnya sesuai dengan anjuran Facebook.

Back to Content ↑

4. Laporkan Akun yang Tidak Bisa Dipulihkan

Kalau Anda sudah melakukan langkah-langkah di atas namun masih belum membuahkan hasil, opsi terakhirnya adalah laporkan akun yang dibobol di Facebook. Untuk cara ini, langkah yang harus Anda lakukan cukup panjang, Jadi, akan dibahas secara terpisah di bawah ini.

Back to Content ↑

Cara Melaporkan Akun yang Dibobol di Facebook

Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk melaporkan akun Anda yang dibobol di Facebook.

Back to Content ↑

1. Buat Akun Baru

Langkah pertama yang mesti Anda lakukan adalah membuat akun baru dengan email dan nomor telepon berbeda dengan akun sebelumnya. Namun ada beberapa hal yang harus Anda buat sama dengan akun yang lama, yaitu nama lengkap, tanggal lahir, dan detail personal lainnya.

Untuk membuat akun baru, Anda harus mengakses Facebook melalui aplikasi maupun website, kemudian pilih opsi Buat Akun Baru atau Create New Account.

Back to Content ↑

2. Login ke Facebook

Jika sudah selesai membuat akun baru, sekarang saatnya untuk login menggunakan akun tersebut. Caranya sama seperti biasa, yaitu menggunakan alamat email serta password. Setelah login, lengkapilah profil Anda dengan menambahkan foto atau detail informasi pribadi lainnya.

Jangan lupa untuk melakukan verifikasi email dan nomor telepon agar akun Anda dinyatakan sudah “sah” sepenuhnya oleh pihak Facebook.

Back to Content ↑

3. Temukan Akun Lama yang Dibobol

Berikutnya, manfaatkan fitur Search yang ada di Facebook untuk menemukan akun lama Anda. Cari menggunakan nama lengkap, nomor HP, atau alamat email untuk menemukannya. Jika sudah menemukan akun yang benar, Anda bisa melanjutkan ke langkah berikutnya.

Back to Content ↑

4. Laporkan

Pastikan saat ini Anda sudah berada di halaman profil Facebook Anda yang sudah tidak bisa diakses. Lakukan langkah-langkah di bawah ini untuk melaporkan akun Facebook tersebut.

  1. Klik titik tiga pada halaman profil untuk menampilkan menu.
  2. Selanjutnya, pilih Laporkan atau Report.
  3. Berikutnya, Anda akan melihat beberapa pilihan alasan mengapa akun tersebut dilaporkan. Pilih opsi paling atas, yaitu Berpura-pura menjadi orang lain atau Pretending to be someone.
  4. Berikutnya pilih Saya atau Me.
  5. Klik Kirim atau Submit.
  6. Sekarang klik Next atau Selanjutnya.
  7. Anda bisa memilih langkah tambahan seperti memblokir, unfollow, atau membatalkan pertemanan dengan akun tersebut.
  8. Langkah terakhirnya adalah klik Done atau Selesai.

Back to Content ↑

5. Tunggu Tindak Lanjut dari Facebook

Setelah melakukan langkah-langkah di atas, pihak Facebook akan menerima laporan Anda. Berikutnya, pihak Facebook akan melakukan pemeriksaan fakta terkait laporan yang telah Anda buat. Langkah ini dilakukan untuk memastikan bahwa apa yang Anda laporkan adalah fakta.

Nantinya, Facebook akan memberikan keputusan apakah menerima atau menolak laporan Anda. Jika laporan diterima, artinya akun Anda yang telah dibobol tadi akan dihapus dari Facebook dan tidak ada orang yang bisa mengaksesnya.

Jika laporan Anda ditolak, artinya akun tadi akan tetap bisa digunakan oleh orang yang memiliki akses terhadapnya. Tapi Anda juga bisa mengulangi proses pelaporan seperti di atas hingga diterima oleh Facebook.

Back to Content ↑

Cara Mencegah Agar Akun Facebook Tidak Dibobol

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mencegah akun Facebook dibobol atau di hack oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

  • Atur data pribadi
  • Perbarui informasi akun
  • Atur keamanan akun
  • Ubah privasi nomor ponsel dan email
  • Pastikan email dan nomor ponsel aktif
  • Aktifkan verifikasi dua langkah
  • Jangan login di sembarang device
  • Jangan simpan password di browser.

Cara melaporkan akun yang dibobol di Facebook di atas akan sangat bermanfaat untuk Anda yang membutuhkan. Jika sudah berhasil mendapatkan akun Anda kembali, sebaiknya lakukan tips yang sudah disampaikan juga supaya akun Facebook tetap aman.