Skip to main content

Headphone Jack Adalah

Headphone Jack Adalah
Headphone Jack Adalah
Images source: shopee.co.id

Headphone Jack Adalah

Hingga sekarang headphone kabel sudah menjadi aksesoris portable yang diperlukan setiap individu. Di jalanan, Anda bisa melihat orang yang memakai headset, entah untuk menelepon atau aktivitas lainnya. Tapi sangat jarang yang membahas bagian penting headphone, yakni headphone Jack.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa bagian headphone ini adalah bagian terpenting. Jika tidak ada bagian ini, Anda tidak dapat memakai headphone dengan baik. Untuk informasi selanjutnya mengenai perangkat ini, silahkan cek ulasan berikut.

TOC / Daftar Isi

Apa itu Headphone Jack?

Jack headphone yang juga dikenal dengan nama jack audio, colokan jack, jack telepon merupakan konektor telepon bundar kecil yang dijadikan sebagai sinyal audio analog.

Bagian ini menjadi colokan yang berbentuk pin berbentuk sepasang headphone audio standar. Komponen ini telah digunakan di berbagai perangkat, baik di dalam perangkat mobile portabel atau peralatan non-portable seperti teater rumah atau TV.

Sejak komponen ini ditemukan, colokan jack terus dipakai selama beberapa dekade dan sudah dikembangkan ke berbagai jenis tipe. Yang tentunya disesuaikan dengan macam perangkat elektronik yang digunakan.

Back to Content ↑

Jenis Headphone Jack

Di pasaran, jenis Jack pada headphone ada banyak sehingga tinggal disesuaikan dengan perangkat dan kegunaannya masing-masing saja. Berdasarkan ukurannya, berikut adalah jenis jack pada headphone yang harus Anda tahu :

Back to Content ↑

1. Jack Headphone 6.35mm

Pertama adalah jack berukuran 6.35 mm. Soket headphone 6.35 mm juga disebut sebagai jack seperempat inci. Sesuai namanya, Jack ini mempunyai perkiraan diameter soket headphone 6.35 milimeter.

Awalnya, jack ini digunakan di bagian switchboard telepon bergaya lama dan digunakan untuk menghubungkan headset, handset serta mikrofon ke bagian sirkuit komunikasi. Sedangkan untuk suara audio, dasarnya juga mendukung suara mono atau stereo sesuai kebutuhan.

Saat ini, headphone jack yang berdiameter 6.35mm masih menjadi yang terbaik untuk area audio. Ukuran ini menjadi standar studio musik serta peralatan musik dibanding jenis jack lainnya.

Ukuran jack ini juga lebih tahan lama dan juga solid untuk berbagai lingkungan. Juga dapat mendukung berbagai kebutuhan audio perangkat yang sekarang banyak digunakan.

Back to Content ↑

2. Jack Headphone 3.5mm

Jenis jack ini adalah yang paling umum dan standar untuk digunakan. Jenis ini juga sering disebut mini-jack. Dari ukurannya bisa Anda ketahui bahwa ini adalah versi kecil dari jack seperempat inci asli yang telah disebutkan di awal tadi.

Sama halnya dengan jack headphone 6.5mm, 3.5mm mendukung mono dan juga stereo. Namun, fungsi lain yang diberikan jack 3.5mm adalah dapat digunakan untuk mikrofon atau alat pembuat panggilan lainnya.

Berbeda dengan jack 6.5mm yang lebih besar untuk perangkat portabel, jack yang berdiameter 3.5mm ini lebih kecil dan cocok digunakan untuk elektronik konsumen portable. Berikut penggunaan jack ini :

  • Smartphone: Kebanyakan produsen ponsel pintar membuat ponsel dengan terhubung secara kompatibel ke 3.5mm untuk headphone atau earbud biasa.
  • Komputer, PC dan Laptop: jack 3.5mm juga yang sering disebut jack audio sering digunakan di komputer, PC serta laptop.
  • Pemutar Audio Digital: Umumnya, pemutar audio kaset juga memakai konfigurasi headphone jack ini.

Back to Content ↑

3. Jack Headphone 2.5mm

Jack yang berukuran 2.5mm juga dikenal dengan sebutan jack sub-miniatur. Jenis jack ini merupakan tipe jack yang memiliki ukuran paling kecil. Hingga sekarang masih ada headphone yang memakai jack 2.5mm meskipun lebih banyak yang memakai 3.5mm.

Tak jauh beda seperti 3.5mm, jack yang berukuran 2.5mm ini juga mendukung mikrofon dan juga audio speaker. Kebanyakan headphone yang berdiameter 2.5mm digunakan untuk komunikasi seperti ponsel, telepon nirkabel dan radio dua arah.

Back to Content ↑

Beginilah Cara Kerja Headphone Jack Yang Harus Anda Tahu

Sekarang Anda sudah tahu pengertian jack pada headphone serta jenisnya. Yang tak boleh dilewatkan disini adalah bagaimana cara kerja komponen penting headphone ini.

Alasan sumber audio dari perangkat dapat disalurkan ke headphone ada pada titik utama jack earphone serta colokan. Ini merupakan hasil kerja dari steker audio pada ujung kabel headphone yang digunakan.

Setelah bagian steker dimasukkan ke soket ponsel, steker bisa berfungsi dengan baik dan akhirnya Anda bisa mendengar apapun yang ingin didengarkan dari ponsel.

Back to Content ↑

Formasi Jack Pada Headphone

Mengenai formasi yang ada di jack headphone, mereka bisa dibentuk dari tiga pendekatan khusus, diantaranya adalah TS, TRRS dan TRS. Karena pendekatan yang terbentuk tersebut, Anda bisa mendengar suara mono, stereo atau keduanya.

Mono artinya Anda hanya bisa mendengar satu saluran audio saja. Berbeda dengan stereo yang mentransmisikan sumber audio lewat dua saluran yang memberi suara lebih jelas dan alami.

Secara lebih jelas, berikut adalah formasi yang ada pada headphone Jack :

Back to Content ↑

1. Jack Headphone TS

TS merupakan singkatan Tip and Sleeve. Tip serta Sleeve merupakan deskripsi yang diberi nama sesuai konstruksi aktual titik kontak yang ada pada colokan. Tip langsung menangani saluran audio kiri yang telah terisolasi.

Lengan umumnya berfungsi sebagai komponen Tanah. TS merupakan bagian dari jack headphone mono karena mempunyai satu saluran audio tunggal saja.

Jika memotong kabel earphone yang Anda gunakan, akan menemukan jack headphone yang bentuknya mirip dengan sirkuit kabel. Di soket audio TS, terdapat satu selubung arde kabel tembaga dibungkus satu kabel biru.

Back to Content ↑

2. Jack Headphone TRS

Selanjutnya adalah headphone jack TRS yang mengacu pada jack audio yang telah dibagi jadi tiga bagian utama, yakni Tip, Ring dan juga Sleeve. Soket headphone yang berkonstruksi Tip, Ring dan Sleeve berdiameter 3.5mm.

Steker earphone TRS memiliki bagian khusus yang mendukung suara stereo tapi tidak mempunyai bagian mikrofon. Yang artinya, TRS juga mendukung suara stereo namun tidak mendukung mikrofon.

Di bagian jack audio TRS, terdapat dua cincin isolasi yang berwarna di bagian poros dengan Ring. Bagian Tip menangani saluran audio yang ada di bagian kiri. Sedangkan Cincin menangani saluran audio di bagian kanan. Di ujung colokan, Sleeve digunakan untuk Ground.

Back to Content ↑

3. Jack Headphone TRRS

Headphone jack TRRS (Tip, Ring, Ring, Sleeve) umumnya masuk ke dalam jack headphone 3.5mm. Umumnya dapat ditemukan di headset dengan mikrofon. Formasi ini biasanya mendukung suara stereo dan juga mikrofon.

Alasannya karena mereka mendukung mikrofon yang terletak di bagian dering ekstra yang digunakan untuk sinyal mikrofon.

Dibandingkan TRS, jack headphone TRRS dihubungkan kabel tambahan yang ditransfer kabel tembaga di bagian dalam serta selubung merah dan hijau di bagian luar.

Back to Content ↑

Kesimpulan

Sekarang Anda sudah tahu apa itu jack headphone, jenis-jenis serta bagaimana komponen ini bekerja untuk mengoptimalkan suara atau audio yang dihasilkan.

Tentunya sangat mengejutkan karena bagian kecil sederhana di headphone ini mempunyai konstruksi precise khusus di dalamnya yang mempunyai peran besar untuk menangani jenis transmisi sinyal audio.

Meskipun sekarang sudah banyak headphone bluetooth, tapi tetap saja keberadaan headphone jack ini masih banyak digunakan hingga sekarang.