Skip to main content

Huawei Matepad 11

Huawei Matepad 11
Huawei Matepad 11
Images source: eraspace.com

Huawei Matepad 11

Huawei MatePad 11 merupakan tablet kelas menengah yang mumpuni untuk mendukung stylish pengguna serta sangat nyaman digunakan untuk bekerja. Tablet ini dapat dihubungkan dengan keyboard agar memudahkan setiap pekerjaan yang kamu lakukan.

Yang paling menarik di sini adalah MatePad 11 hadir dengan dukungan Harmony OS dan tanpa adanya layanan Google. Kendati demikian tetap mengoptimalkan setiap pekerjaan yang Anda lakukan.

Seri Huawei MatePad khusus ditujukan untuk pengguna bisnis yang memerlukan tablet kuat dan portable. Sehingga tetap dapat bekerja optimal meskipun berada di tengah perjalanan.

TOC / Daftar Isi

Spesifikasi Huawei MatePad 11

Huawei MatePad 11 Spesifikasi
Chipset Qualcomm Snapdragon 865
Layar TFT LCD (IPS), 10,95 inci; WQXGA 2560 x 1600 pixels, 275 PPI
Body 165,3 mm x 253,8 mm x 7,25 mm, berat 485 gram
Penyimpanan data Penyimpanan Internal : 128 GB; penyimpanan eksternal hingga 1TB
Kamera Belakang 13 MP; f/1.8 aperture; Auto Focus; Rear LED flash
Kamera Depan 8 MP; f/2.0 aperture; Fixed Focal
Konektivitas WiFi 6, 802.11a/b/g/n/ac/ax, 2,4 GHz and 5 GHz; Bluetooth 5.1, OTG, Type-C, USB 3.0; Wireless Screen Projection
Baterai 7250 mA
Harga Rp7.299.000

Back to Content ↑

Desain

MatePad 11 lebih stylish dibanding pendahulunya karena usungan bezelnya yang ramping serta bodi yang tidak terlalu bongsor. Bahkan bisa dibilang lebih ramping dibanding banyak tablet Android murah pada umumnya.

Dimensi yang dihadirkan di sini adalah 253,8 x 165,3 x 7,3mm membuat Huawei MatePad 11 cukup tipis dengan rasio aspek yang membuatnya lebih panjang serta kurang lebar dari iPad standar. Adapun beratnya hanya 485g sehingga cukup nyaman di bawa berpergian.

Di bagian belakang juga ada tonjolan kamera yang dibalut dengan bahan plastik. Rasanya lebih premium dibanding tablet Amazon Fire yang relatif murah. Meskipun tidak terlalu bagus jika dibandingkan dengan iPad entry-level.

Back to Content ↑

Keyboard dan M-Pencil

Aksesoris keyboard menjadi suatu keharusan yang harus diperhatikan saat memakai perangkat ini. Adapun stylus M-Pencil merupakan bonus yang lumayan bagus dari perangkat ini. Casing penutup keyboard telah terpasang ke dalam MatePad 11 secara magnetis, dan sudah tersambung seluruhnya.

Keyboard dapat berfungsi tanpa harus melakukan penyetelan terlebih dahulu. Casing yang ada di sini juga menawarkan dua sudut penyangga untuk tablet serta

Sedangkan bagian M-Pencil terlihat lebih mirip seperti Apple Pencil. Dimana aksesoris ini mempunyai desain “mulus” bersih tanpa adanya tombol, menempel magnetis ke atas tablet dan mempunyai ujung karet yang sensitivitas.

Back to Content ↑

Layar

Layar yang dibenamkan di Huawei MatePad 11 sangat berbeda dengan para pesaingnya. Layarnya juga terlihat lebih baik dibanding layar yang ditemukan di para kompetitor dengan harga yang sama.

Seperti namanya, MatePad memiliki ukuran layar 11 inci yang dibuat secara diagonal. Panel yang digunakan di sini adalah panel LCD yang membuatnya lebih mudah digunakan dibawah sinar matahari. Meskipun tidak menyediakan kontras sama seperti layar OLED.

Resolusi yang dihadirkan juga tak mengecewakan karena beresolusi 2560 x 1600 yang sangat identik dengan Samsung Galaxy Tab S7 yang harganya lebih mahal tapi memiliki ukuran yang sama.

Sehingga dapat menonjolkan setiap sisi dan tampilan tablet dengan sangat baik. Kecepatan refresh yang dibenamkan di sini adalah 120Hz. Dibanding para kompetitor, kecepatan refresh yang dimilikinya memang lebih bagus sehingga anti lag dan lemot saat memakai perangkat ini.

Back to Content ↑

Performa

Huawei MatePad 11 menggunakan performa yang mengandalkan Qualcomm Snapdragon 865 5G, SoC yang sangat kuat. Belum lagi ada dukungan konfigurasi inti yang tidak biasa digunakan di para kompetitornya.

Pada Snapdragon 865 ini, ada satu ‘Prime Core’ yang berjalan di 3,1 GHz dengan tiga inti ARM Cortex-A77 yang tentunya sudah mendukung 2,42 GHz. Sehingga mampu memberi kinerja tambahan yang diperlukan.

Meskipun fokus ke pasar bisnis, nyatanya perangkat tablet ini bukan hanya untuk itu. Perangkat juga mendukung gaming sederhana dengan interface yang tidak terlalu tinggi.

Back to Content ↑

Audio

Audio yang dibenamkan di perangkat ini tergolong sangat baik. Pasalnya perangkat mempunyai empat speaker mumpuni meskipun audio yang dibenamkan di sini tidak sebagus Huawei MatePad Pro 12.6.

Speaker yang dibenamkan di Huawei MatePad 11 sudah disetel dengan mengusung Harman Kardon sehingga sangat kuat dalam menghasilkan audio. Anda bahkan bisa mendapat beberapa bass dengan panggung suara yang lebar.

Ada banyak detail yang dihadirkan di perangkat tablet ini. Misalnya spektrum yang tentunya membuat suara audio menjadi lebih seimbang. Vokal yang diberikan juga jernih sehingga Anda bakal menikmati audio ini dengan sangat baik.

Back to Content ↑

Kamera

Huawei MatePad 11 memiliki kamera yang tidak tergolong bagus. Bahkan hampir berlaku di semua tablet yang pernah dirilis hingga sekarang. Wajar karena fokus pasar tablet ini ada di kebutuhan bisnis bukan fotografi.

Tablet ini memiliki dua kamera yang dibenamkan di bagian depan dan juga bagian belakang perangkat. Anda bisa memakai kamera ini dengan pencahayaan yang lumayan bagus. Tapi jangan harap bisa mendapat hasil potret yang sebagus ponselnya.

Detail yang dibenamkan di sini cukup kurang, sedangkan warna yang dihasilkan tampak tidak alami. Performa HDR yang diusung di sini juga tidak bagus, begitu juga dengan rentang dinamis yang dihadirkan.

Kendati fitur yang dibenamkan di perangkat ini kurang mumpuni tetap saja desain kameranya sangat elegan. Bahkan hampir mirip dengan ponsel flagship pada umumnya.

Back to Content ↑

Baterai

Huawei MatePad 11 ini menawarkan daya tahan baterai yang mumpuni untuk perangkat tablet. Pasalnya baterai yang dibenamkan di sini berkapasitas 7.250mAh sehingga cukup lega untuk segala aktivitas harian penggunanya.

Baterai yang juga dikombinasikan dengan Snapdragon 865 serta Harmony OS Huawei memberi hasil yang luar biasa. Bahkan baterai dapat bertahan hingga tiga hari tanpa perlu di charging terlebih dahulu.

Cocok untuk perjalanan jarak jauh tanpa takut kehabisan baterai. Sumber daya tersebut juga dibenamkan dengan fitur fast charging yang mumpuni. Jadi setiap penggunanya tidak perlu menunggu waktu lama saat ingin charging ponsel.

Back to Content ↑

Kesimpulannya

Huawei MatePad 11 adalah perangkat tablet yang sangat bagus untuk aktivitas bekerja. Dengan usungan body yang elegan dan performa terbaiknya, perangkat mampu bertahan di tengah persaingan tablet yang ada hingga sekarang.

Sayangnya, bagi yang berburu tablet dengan kemampuan fotografi terbaik, perangkat ini bukan pilihan yang tepat. Pasalnya usungan kamera yang dibenamkan di sini kurang mumpuni meskipun resolusi kameranya cukup bagus.

Bagi yang tertarik ingin membeli perangkat ini, usahakan membeli di tempat yang resmi. Karena banyak diskon dan promo menarik yang disediakan. Siapkan budget yang dibutuhkan agar mendapat perangkat Huawei ini. Adapun harga Huawei MatePad 11 hanya Rp 7,2 jutaan saja.