Skip to main content

Pendiri Youtube

Pendiri Youtube
Pendiri Youtube
Images source: youtube.com

Pendiri Youtube

YouTube merupakan situs web video yang saat ini menjadi perhatian dengan jumlah pengguna internet paling banyak. Perusahaan dari YouTube itu sendiri berada di San Bruno California. Pendiri YouTube terdiri dari tiga orang yaitu Chad Hurley, Steve Chen dan jawed Karim.

Ketiga pendiri aplikasi YouTube tersebut memiliki kisah tersendiri yang sangat penting untuk Anda ketahui. Alasannya karena di balik dari kepopuleran YouTube terdapat kisah yang tidak banyak diketahui oleh penggunanya.

TOC / Daftar Isi

Sejarah Pendiri Youtube

Dari ketiga pendiri aplikasi YouTube tersebut pada awalnya bekerja di Paypal yang mana Hurley mengambil ilmu desain yang ada di Indiana University Pennsylvania. Setelah itu kedua temannya Karim dan Chen belajar ilmu komputer yang ada di University Of Illinois At Urbana-Champaign.

Aplikasi YouTube berhasil diterbitkan sejak tahun 2005 yang merupakan ide dari Chad Hurley. Ide tersebut berawal dari sebuah kesulitan mereka ketika berbagi video pada pesta makan malam yang diadakan di apartemen Candi San Francisco.

Ia memberikan dukungan kepada mereka untuk menggunakan metode pemasaran yang terpusat dengan cara menceritakan cerita yang lebih mudah dicerna oleh pihak konsumen. Pertama kalinya nama domain YouTube yaitu www.youtube.com yang aktif di tanggal 14 Februari 2005.

Setelah itu berkembang di bulan-bulan berikutnya pertama kalinya berada di atas sebuah restoran Jepang dan Pizzeria yang ada di San Mateo California. YouTube merupakan situs web video yang saat ini menjadi perhatian dengan jumlah pengguna internet paling banyak.

Perusahaan dari YouTube itu sendiri berada di San Bruno California. Ketiga pendiri aplikasi YouTube tersebut memiliki kisah tersendiri yang sangat penting untuk Anda ketahui.

Back to Content ↑

Kisah Inspiratif Pendiri Youtube

Dibalik dari kesuksesan pendiri YouTube tersebut pastinya ada cerita sedih dan haru yang menjadikan YouTube kini menjadi aplikasi yang sangat sukses. Bahkan semua orang sangat mengenal apa itu Youtube. Untuk itu berikut ini kisah inspiratif dari ketiga pendiri aplikasi YouTube di antaranya:

Back to Content ↑

1. Chad Hurley

Chad Hurley merupakan seorang desainer yang berasal dari Amerika Serikat. Dirinya adalah putra dari Donald yang mana Ayahnya adalah seorang konsultan keuangan. Sedangkan ibunya Joan adalah seorang guru. Sejak dirinya kecil sudah mencapai kesuksesan dari segi desainnya yang sangat tinggi.

Contohnya seperti memahat dan melukis. Namun seiring dengan berjalannya waktu dirinya mulai menghentikan aktivitasnya tersebut, lalu mulai menggeluti dunia bisnis dan teknologi sebagai orang yang introvert dan ramah.

Selain itu Chad juga termasuk sebagai tipe anak yang kreatif dan cerdas. Bahkan sejak usianya muda dirinya sudah berhasil menjual karya seni yang dibuatnya di dalam dunia seni. Chad sangat pandai dalam memadukan antara ketertarikannya ke dalam bidang bisnis maupun teknologi.

Saat memasuki usia kuliah, dirinya menggunakan banyak waktu yang dimilikinya untuk belajar media. Contohnya seperti bermain game, membuat website, bahkan bereksperimen animasi. Tanpa disadari kemampuan tersebut mampu menghasilkan uang di masa kuliah.

Dirinya pun juga sempat bergabung melalui jaringan marketing pada tahun 1999 sudah berhasil menyelesaikan pendidikannya di Indiana University of Pennsylvania dan dirinya mengambil jurusan Graphic Design dan print making.

Setelah itu dirinya membaca sebuah artikel dari perusahaan baru yang bernama Paypal. Saat itulah dirinya mulai tertarik dan melamar ke pekerjaan di Paypal. Pihak dari Paypal itu sendiri memberikan tugas membuat desain logo perusahaan.

Hal ini dilakukan untuk bisa membuktikan kemampuan portofolio yang dimilikinya. Dengan bekal kemampuannya chad mampu membuktikan kemampuan tersebut dengan berhasil mendesain logo sebuah perusahaan Paypal dengan hasil yang sangat memuaskan.

Bahkan logo yang di dibuatnya tersebut masih digunakan hingga saat ini. Chad merupakan desainer pertama kali yang diterima bekerja di perusahaan Paypal. Alasan inilah yang menjadikan Chard merasa beruntung ketika bergabung dengan perusahaan dengan sistem pembayaran online yang aman ini.

Bahkan penghasilan yang didapatkan pun cukup besar. Sehingga dirinya mampu untuk membangun sebuah bisnis.

Back to Content ↑

2. Steve Chen

Steve Chen merupakan pria yang lahir di Taipei Taiwan di bulan Agustus 1978. Cerita masa kecil Chen Saat memasuki usia 6 tahun dirinya pernah dibawa ke peramal oleh ibunya. Hal anehnya lagi peramal tersebut menyebutkan bahwa Pendiri YouTube ini tidak akan bisa menjadi orang kaya.

Hal inilah yang terus-menerus teriang-teriang di kepalanya. Ketika dirinya tumbuh di usia 8 tahun dia pun merasa hidupnya mengalami perubahan. Keluarga dari Chen telah membawanya pindah ke Amerika Serikat untuk bisa memulai kehidupan baru dan mengalami beberapa perbedaan di sana.

Hershey High School, di sanalah Chen bersekolah. Setelah itu melanjutkan ke Illinois Academy, lalu berkuliah di universitas Illinois Urbana-Champaign yang termasuk sebagai anak yang tumbuh besar dengan jiwanya pemberani yang tidak pernah takut dengan resiko yang dihadapinya.

Hal ini juga sama seperti Chad Hurley ketika sudah menyelesaikan studinya. Dirinya bekerja di perusahaan Paypal dan sangat terkenal dapat menemukan beberapa cara yang cepat dan pintar dalam hal menyelesaikan permasalahan seperti riwayat pekerjaan lainnya yang ada di Facebook.

Ternyata dirinya juga bekerja di beberapa bulan yang lalu, kemudian merintis usaha barunya yaitu YouTube.

Back to Content ↑

3. Jawed Karim

Pria yang berkelahiran di Merseburg Jerman Timur 1978 ini dibawa pindah ke Jerman Barat mulai tahun 1980 di Jerman dirinya dibesarkan oleh kedua orang tuanya. Akan tetapi mereka pindah kembali ke Amerika Serikat di tahun 1992 dan keluarganya merupakan seorang peneliti.

Ayahnya merupakan seorang Bangladesh yang berprofesi sebagai peneliti. Sedangkan ibunya berkebangsaan Jerman yang merupakan seorang Profesor peneliti biokimia yang ada di University of Minnesota.

Berhubung ayahnya berkebangsaan Bangladesh, maka Jawed Karim ini memeluk agama muslim ketika masa kecilnya. Jamet memang tidak mempunyai banyak cerita semasa kecil. Dirinya lulus sekolah menengah dari Central High School.

Setelah itu mempunyai riwayat pendidikan kuliah yang ada di University Of Illinois At Urbana-Champaign. Akan tetapi sempat berhenti kuliah karena lebih memilih bekerja di Paypal. Dirinya memiliki alasan tertentu yang membuat Jamed kembali menitik pendidikannya kembali dengan bidang ilmu komputer.

Dia melanjutkan studinya yang ada di Stanford University dari Paypal. Dari sinilah dirinya bertemu dengan kedua rekannya yaitu Steve Chen dan Chad Hurley. Mereka bertiga mempunyai inisiatif untuk mengembangkan sebuah ide bisnis teknologi dengan cara mendirikan situs web berbagi yaitu YouTube.

Ketika mereka bekerja di Paypal Jamed membangun serta mengembangkan sistem Real Time anti-fraud yang digunakan pada Paypal. Jamed Karim ternyata tidak hanya sebagai pendiri YouTube saja. Namun dirinya juga telah meluncurkan lembaga pendanaan berupa youniversity Karim ventures.

Hal ini bertujuan supaya bisa membantu para mahasiswa maupun alumni untuk bisa mengembangkan sekaligus meluncurkan ide-ide bisnis yang mereka miliki. Saat ini juga berprofesi sebagai entrepreneur internet.

Kesuksesan dari YouTube tersebut dikarenakan para pendiri YouTube mempunyai semangat yang tinggi dan mengikuti perkembangan yang berkelanjutan sejak tahun 2006 tepatnya di bulan Juli. YouTube terus-menerus mengalami pertumbuhan dan pada akhirnya grafiknya naik secara terus-menerus.