Skip to main content

Website Translate Bahasa Sunda

Website Translate Bahasa Sunda
Website Translate Bahasa Sunda
Images source: seniberpikir.com

Website Translate Bahasa Sunda

Bagi Anda yang merupakan keturunan suku Sunda, maka melestarikan bahasa Sunda hukumnya adalah wajib. Untuk itu Anda harus mengetahui website translate bahasa Sunda supaya dapat mempraktekkannya ke dalam kehidupan sehari-hari dan memahami artinya.

Akan tetapi tidak jarang pula orang yang berasal dari luar suku Sunda tidak paham dengan bahasa Sunda yang ada. Namun Anda tidak perlu khawatir, karena ada Google Translate bahasa Sunda yang siap membantu.

TOC / Daftar Isi

Daftar Website Translate Bahasa Sunda

Anda bisa memahami bahasa Sunda dengan mudah cukup memasukkan bahasa Sunda dan artinya. Sebenarnya ada banyak sekali website yang sekiranya bisa Anda jadikan sebagai andalan. Untuk itu silahkan menyimak beberapa website yang ada di bawah ini di antaranya seperti berikut:

Back to Content ↑

1. Terjemahan.

Ini adalah website pertama yang lebih memungkinkan bagi penggunanya ketika ingin menerjemahkan bahasa Sunda ke Bahasa Indonesia. Website ini tidak hanya menyediakan bahasa Sunda saja, melainkan juga menyediakan beberapa pilihan bahasa lain.

Dengan begitu maka Anda bisa pilih sesuai dengan kebutuhan. Misalnya seperti bahasa Inggris, bahasa Jawa, atau bahasa dari negara lain. Terjemahan.Id ini akan memberikan batasan hingga 5000 karakter untuk satu kali menerjemahkan.

Melalui website inilah yang lebih memungkinkan bagi penggunanya ketika ingin menerjemahkan kalimat kata bahkan sampai paragraf. Untuk semua terjemahan yang sudah dimuat di dalam website ini maka akan tersimpan pada data basis.

Data tersebutlah yang akan direkam pada database. Sehingga akan diposting pada situs web secara anonim dan terbuka.

Back to Content ↑

2. Translate Sunda

Translate Sunda ini lebih memungkinkan bagi pengguna ketika ingin menerjemahkan bahasa Sunda dengan jumlah kata maksimal 500 kata saja untuk satu kali penerjemahan. Sesuai dengan namanya, bahwa ini adalah translate bahasa Sunda. Sehingga bahasa yang tersedia hanyalah bahasa Sunda saja.

Baik itu bahasa Sunda kasar, bahasa Sunda halus, atau bahasa Sunda yang lainnya. Website translate bahasa Sunda ini mempunyai tampilan yang ringkas dan sederhana. Sehingga setiap para penggunanya merasa dimudahkan.

Di bagian halaman website atas terdapat daftar fase bahasa Sunda yang mana di setiap huruf depannya akan diringkas.

Back to Content ↑

3. Google Translate Sunda

Google sudah mengkhususkan halaman Google Translate secara khusus untuk menerjemahkan bahasa Sunda, walaupun website ini juga menyediakan bahasa lain yang cukup membantu penggunanya. Google ini memberikan batasan sampai 5000 karakter untuk satu kali penerjemahan.

Selain memasukkannya ke dalam kalimat atau tulisan, Anda juga dapat menggunakan tombol mikrofon ketika ingin menerjemahkan melalui suara. Jika sudah melakukan Translate, maka Anda dapat melihat hasil dari transaksi sebelumnya melalui menu history.

Anda juga dapat melakukan penyimpanan hasil dari Translate melalui buku frase yang ada di halaman tersebut. Tidak sampai disitu saja, melalui website ini juga Anda dapat memperoleh fitur pengucapan yang lebih memungkinkan bagi penggunanya.

Back to Content ↑

4. Yandex Translate

Layanan dari Yandex Translate ini memang kedengarannya cukup asing, karena belum banyak digunakan. Akan tetapi situs ini sangat membantu bagi Anda yang ingin menerjemahkan teks maupun gambar.

Sebenarnya ini merupakan mesin pencari berasal dari Rusia yang mana mesin tersebut mempunyai layanan yang hampir mirip dengan Google. Seperti email, cloud storage, search engine maupun aplikasi penerjemahan online.

Ketika Anda mengunjungi website translate bahasa Sunda secara otomatis bagian setelannya akan menerjemahkan bahasa Inggris ke bahasa Rusia. Namun tenang saja, karena Anda bisa mengubahnya dengan memilih bahasa Sunda ke Bahasa Indonesia atau sebaliknya.

Situs ini mempunyai fitur dan fungsi yang hampir sama seperti situs penerjemahan yang lain. Untuk itu Anda dapat mengandalkan situs ini ketika ingin menerjemahkan bahasa Sunda.

Back to Content ↑

5. Online Doctor Translator

Ini merupakan aplikasi yang paling banyak digunakan bagi pengguna yang seringkali menerjemahkan bahasa ke dalam bentuk file. Pada biasanya tipe file yang seringkali menggunakan online Doctor translator yaitu file dengan tipe PDF.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa file yang berisi bahasa asing akan menyulitkan penggunanya ketika ingin memahaminya. Untuk itu website ini sangat membantu supaya file PDF yang Anda miliki tersebut bisa dipahami dengan bahasa Sunda atau bahasa lain sesuai yang Anda inginkan.

Tampilan website ini memang berbeda dari situs yang lainnya karena di bagian situs ini tersedia kotak yang digunakan untuk mengunggah file PDF yang ingin Anda terjemahkan.

Demi menjaga keamanan pengguna, maka file yang telah diunggah secara otomatis akan hilang secara permanen setelah 1 jam dari database situs. Sementara format file yang didukung untuk diunggah yaitu seperti Acrobat PDF, word Open Office, Excel, maupun Notepad.

Back to Content ↑

6. Jatikom

Layanan Translate bahasa Sunda seperti jatikom ini bisa menjadi website yang paling diandalkan, karena bisa bekerja secara akurat, cepat, dan bagus. Setiap pengguna bisa menerjemahkan secara langsung tanpa harus membuka terjemahan.

Tinggal paste dan tekan translate, maka Anda sudah bisa memahami bahasa Sunda. Situs jatikom ini memberikan layanan Translate dari bahasa Sunda ke Bahasa Indonesia atau sebaliknya.

Jatikom memiliki sekotak kolom yang digunakan untuk pengguna supaya mengetikkan kalimat yang ingin diterjemahkan.

Back to Content ↑

Kendala Saat Menerjemahkan Bahasa Sunda

Beberapa orang Sunda memang mengalami sedikit kendala ketika menggunakan beberapa website translate bahasa Sunda yang ada di atas. Terkadang terdapat kosakata yang tidak dapat diterjemahkan begitu saja.

Untuk itu tidak mengherankan apabila terdapat beberapa kosakata yang terselip pada bagian tengah Bahasa Indonesia. Untuk informasi seputar kendala yang sering dialami oleh penggunanya yaitu seperti berikut:

Back to Content ↑

1. Kosakata Tidak Sesuai

Terkadang hasil dari bahasa yang di-translate sangat aneh. Inilah yang menjadi kendala ketika pengguna menerjemahkan bahasa Sunda ke Bahasa Indonesia atau sebaliknya. Untuk itu tidak disarankan bagi Anda untuk langsung menggunakan kata tersebut sebagai bahan Translate.

Ada baiknya jika Anda mencari tahu terlebih dahulu kata yang dipisahkan dari kata lain atau kalimat yang kurang pas. Pada biasanya hasil dari terjemahan perkata ini lebih akurat jika dibandingkan dengan terjemahan yang berbentuk paragraf.

Back to Content ↑

2. Sulit Menemukan Kata Yang Dicari

Kata yang terlalu panjang terkadang memang tidak bisa ditemukan oleh sistem dan ini menjadi kendala yang paling banyak dialami. Namun Anda tidak perlu khawatir karena bisa menggunakan cara lain yaitu mencari tahu kata dasar dari kata yang ingin Anda terjemahkan.

Back to Content ↑

3. Koneksi Internet Tidak Stabil

Pada saat menggunakan situs online translate, terkadang akan menjumpai hambatan seperti koneksi internet yang kurang stabil. Oleh karena itu hasil dari terjemahan tersebut hanya dapat diakses apabila terdapat koneksi internet.

Terkadang ini menjadi permasalahan apabila Anda tidak mempunyai koneksi internet stabil. Apabila koneksi internet lambat maka hal ini dapat menimbulkan proses penerjemahan file yang terganggu. Salah satu solusinya yaitu Anda dapat mengakses secara offline dengan mengunduh aplikasi penerjemahan.

Di zaman digitalisasi seperti saat ini segala sesuatu yang tidak Anda ketahui bisa diatasi dengan cara yang cukup mudah. Termasuk pemahaman bahasa Sunda yang bisa Anda ketahui melalui website translate bahasa Sunda seperti di atas.