Skip to main content

5 Cara Menghapus Cache di Laptop dengan Mudah

5 Cara Menghapus Cache di Laptop dengan Mudah
5 Cara Menghapus Cache di Laptop dengan Mudah
Images source: gamefinity.id

5 Cara Menghapus Cache di Laptop dengan Mudah

Cara menghapus cache di laptop yang mudah adalah dengan melakukan pembersihan rutin agar kinerja laptop menjadi lebih baik. Karena file cache akan selalu ada di laptop.

Jika laptop Anda terasa lambat ketika sedang dipakai, itu menandakan bahwa cache yang terdapat di laptop Anda harus segera dibersihkan. Cara menghapus cache di laptop ini tidak begitu sulit namun juga tidak begitu mudah. Intinya Anda harus mengetahui terlebih dahulu mengenai file cache ini.

Untuk Anda yang belum mengetahui apa itu file cache. File cache adalah kumpulan file yang tersimpan ketika memakai laptop. File ini berfungsi untuk membuat laptop menjadi lebih cepat dalam merespon. Namun di satu sisi file ini dapat menyebabkan harddisk cepat penuh. Karena itulah perlu hapus.

TOC / Daftar Isi

Bagaimana Cara Menghapus Cache di Laptop dengan Mudah?

File cache merupakan data sementara dari aplikasi yang pernah dibuka. File cache ini berfungsi untuk memudahkan aplikasi yang dibuka kembali setelah diunduh. Sehingga ketika membukanya tidak perlu mengunduh ulang.

Contoh dari file cache ini terdapat pada browser. Saat pertama kali membuka website, laptop akan mengunduh seluruh data yang terdapat pada website untuk ditampilkan. Ketika Anda membuka lagi website di browser maka laptop tidak perlu mengunduh data lagi.

Namun karena seringnya menggunakan laptop, file cache akan semakin menumpuk dan membuat memori laptop penuh. Yang tentunya akan membuat memori menjadi berat hingga akhirnya kinerja laptop menjadi lambat.

Agar kinerja laptop kembali normal file cache ini perlu dihapus untuk mengosongkan memori laptop. Cara menghapus cache di laptop ini banyak pilihannya tergantung dari jenis sistem operasi yang Anda gunakan. Ada yang menggunakan aplikasi dan tanpa aplikasi.

Berikut ini berbagai cara menghapus file cache di laptop yang bisa Anda coba:

Back to Content ↑

1. Menggunakan Aplikasi CCleaner

Aplikasi Ccleaner merupakan salah satu aplikasi yang dapat menghapus file cache di laptop. Karena CCleaner didesain khusus untuk mengoptimalkan kinerja sistem. Hal ini agar laptop selalu berada dalam performa yang maksimal.

Selain itu aplikasi CCleaner memiliki fitur yang dapat membersihkan file Data browser, Registry, Uninstall file sampai dengan menghapus software. Dengan menggunakan aplikasi ini, dipastikan bisa menjadi salah satu cara menghapus file cache di laptop dengan mudah.

Berikut ini cara menghapus cache di laptop menggunakan CCleaner:

  • Jika laptop Anda belum ada aplikasi CCleaner, ada baiknya unduh terlebih dahulu dan untuk mengunduhnya Anda tidak perlu membayar karena ada yang gratis.
  • Setelah diunduh install aplikasi tersebut.
  • Kemudian buka aplikasi CCleaner lalu cari Menu Cleaner:
  • Selanjutnya pilih centang apa saja yang ingin dibersihkan dengan.
  • Lalu klik Run Cleaner.
  • Setelah itu tunggu sampai proses selesai. Semua itu tergantung dari banyaknya file cache yang terdapat di laptop.
  • Jika proses sudah Ccleaner, lanjutkan dengan me-restart laptop Anda.

Back to Content ↑

2. Menggunakan Folder Temp

File cache mempunyai nama lain yaitu file temporary. Jika di Windows file tersebut mempunyai tempat khusus yang bernama folder Temp. Folder tersebut merupakan tempat seluruh file cache tersimpan. Selain itu folder temp memuat file dari browser seperti history, cookies dan data cache lainnya.

Untuk membersihkan file cache, Anda harus menghapus semua isi folder temp. Karena isinya cukup besar dan menambah beban memori. Berikut cara menghapus file cache di laptop dengan menggunakan folder temp:

  • Silakan buka program Run. Jika masih belum tahu caranya, tekan tombol Windows bersamaan dengan huruf R pada keyboard, kemudian ketik Temp dan lanjutkan dengan Ok.
  • Selanjutnya akan muncul halaman baru. Pada halaman baru akan terlihat list file dan folder banyak sekali. Lanjutkan dengan tekan tombol Ctrl bersamaan dengan huruf A pada keyboard lalu tekan tombol Delete.
  • Kemudian buka kembali program Run, lalu ketik %temp% lalu Enter.
  • Lakukan sama seperti langkah kedua, klik Ctrl + A kemudian delete seluruh isi dari folder temp.
  • Kemudian buka kembali program Run, lalu ketik %temp% kemudian tekan Enter.
  • Langkah terakhir Restart laptop Anda.

Back to Content ↑

3. Mengaktifkan Storage Sense

Laptop jika dirawat dengan rutin akan memiliki kinerja yang baik. Menghapus file cache secara rutin merupakan cara dalam merawat laptop. Salah satu cara menghapus cache di laptop adalah dengan mengaktifkan storage sense.

Storage sense ini berfungsi untuk mengatur cache di laptop serta mengoptimalkan kinerja laptop secara otomatis oleh Windows. Storage sense bisa Anda aktifkan ketika sudah menghapus cache Setelah menghapus semua cache, aktifkan storage sense ini. Berikut cara untuk mengaktifkannya:

  • Ketikkan pada kolom search Storage Sense kemudian Anda buka.
  • Aktifkan Storage Sense yang terdapat di menu Pengaturan. Lalu centang On dan pastikan sudah aktif.
  • Selesai. Jangan lupa untuk menutup semua halaman yang dibuka.

Back to Content ↑

4. Menggunakan Disk Cleanup

Bagi Anda yang memiliki laptop dengan spesifikasi tinggi tentunya tidak masalah karena kapasitas memori yang besar. Namun untuk yang memiliki laptop dengan spesifikasi standar, kecepatan akan menurun karena sering dipakai dan memori juga yang penuh karena banyaknya file cache.

Disk Cleanup merupakan cara menghapus cache di laptop, yang merupakan fitur dari Windows yang fungsinya untuk membersihkan seluruh cache file. Setelah menggunakan file temp untuk menghapus cache, gunakan juga disk cleanup agar file cache dapat hilang sepenuhnya.

Berikut langkah-langkah cara menggunakan disk cleanup untuk menghapus cache di laptop:

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah klik kanan drive C: (Sistem)
  • Selanjutnya pilih Properties.
  • Kemudian pilih Disk Cleanup.
  • Lalu ceklis opsi clean Recycle Bin karena tadi telah menghapus file cache di folder temp.
  • Setelah itu klik Ok, dan tunggu sampai proses cleanup selesai.
  • Jika proses sudah selesai, selanjutnya Restart laptop Anda.
  • Kemudian lakukan juga hal yang sama seperti di atas untuk drive D dan E sebagai penyimpanan data. Agar file cache terhapus dengan sempurna. Jangan lupa juga untuk di-restart kembali laptop Anda setiap setelah melakukan disk cleanup.
  • Sebagai catatan, disk cleanup bukan hanya dapat menghapus file cache. Namun dapat juga data internet.

Back to Content ↑

5. Menggunakan Browser

Cara menghapus cache di laptop dapat dilakukan dengan menggunakan browser. Selain itu file cache yang paling banyak terdapat di browser. Karena berasal dari tab internet yang Anda buka. Berikut langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk membersihkan file cache di laptop:

  • Langkah pertama, buka aplikasi browser yang digunakan. Browser yang dipakai bisa apa saja seperti Chrome, Mozilla, Microsoft Edge, ataupun Internet Explorer.
  • Kemudian pilih browser yang digunakan. Untuk masing-masing browser berbeda langkah-langkahnya.
  • Untuk Mozilla, buka menu Options lalu pilih Privacy and Security kemudian pilih menu Clear history selanjutnya yang terakhir pilih menu Clear Now.
  • Untuk Google Chrome, buka menu History lalu pilih menu Clear Browsing data kemudian pilih Clear Data.
  • Untuk Microsoft Edge, buka menu Setting kemudian pilih Clear browsing data selanjutnya pilih Choose what to clear dan yang terakhir pilih clear.

Back to Content ↑

Cara menghapus cache di laptop yang mudah adalah dengan melakukan pembersihan rutin file cache minimal dua minggu sekali. Hal ini untuk mencegah agar kinerja laptop tidak menurun dan tetap stabil. Karena selama Anda menggunakan laptop maka file cache akan selalu ada.