Skip to main content

Cara Menggunakan WhatsApp Di Perangkat iPad

Cara Menggunakan WhatsApp Di Perangkat iPad
Cara Menggunakan WhatsApp Di Perangkat iPad
Images source: bhataramedia.com

Cara Menggunakan WhatsApp Di Perangkat iPad

WhatsApp merupakan aplikasi pesan online yang hingga sekarang masih menjadi nomor satu untuk platform aplikasi chatting. Bicara soal WhatsApp, artikel kali ini akan membahas seputar WhatsApp iPad.

Meskipun WhatsApp sudah tersedia di App Store, namun tidak dapat digunakan untuk perangkat iPad, baru bisa dioperasikan pada iPhone. Nah buat Anda yang ingin memakai WhatsApp di perangkat iPad, silahkan simak pembahasannya berikut ini.

TOC / Daftar Isi

Cara Menggunakan WhatsApp iPad

Tidak sedikit orang yang kebingungan dengan bagaimana cara memakai layanan WhatsApp di perangkat iPad. Nah jika Anda tertarik untuk mencobanya, maka bisa mengikuti panduannya dibawah ini.

  1. Pertama download terlebih dahulu aplikasi WzPad for WhatsApp for iPad Pro lewat App Store.
  2. Kemudian lakukan penginstalan di perangkat iPad.
  3. Jika sudah, silahkan buka aplikasinya.
  4. Nantinya Anda akan menjumpai halaman Scan QR Code.
  5. Selanjutnya, sediakan iPad Anda untuk memindai QR Code tersebut.
  6. Silahkan tunggu beberapa saat, hingga proses pemindaian Code QR selesai dan WhatsApp sudah siap di pakai di iPad.
  7. Selesai, Anda sudah bisa menggunakan WhatsApp iPad.

Sebenarnya cara yang dipakai untuk menggunakan layanan WhatsApp for iPad mini dengan aplikasi WzPad hampir sama dengan WhatsApp for Web.

Tampilan dari aplikasi WzPad juga hampir sama dengan tampilan WhatsApp for Web. Yang membedakan adalah aplikasi terkadang suka mengandung iklan.

Namun Anda tenang saja, karena bisa menghapus iklannya dengan cara membeli paket in-app purchase. Setelah itu, Anda bisa menggunakan layanan WhatsApp iPad sepuasnya.

Back to Content ↑

Fungsi WhatsApp Web

WhatsApp Web adalah sebuah fitur WhatsApp yang memungkinkan Anda bisa melakukan sinkronisasi antara smartphone dengan laptop atau komputer melalui salah satu Browser. Dengan begitu Anda bisa mengakses percakapan WhatsApp di perangkat komputer.

Fitur ini sangat bermanfaat sekali apalagi untuk Anda yang waktunya dihabiskan di depan perangkat komputer. Hanya saja masih banyak orang yang belum menggunakan fitur ini.

Mungkin dengan alasan jarang memakai fitur ini. Terlebih lagi untuk orang Indonesia yang jarang menggunakan laptop atau komputer dalam jangka waktu lama.

Back to Content ↑

Kelebihan WhatsApp Web

Berikut dibawah ini beberapa kelebihan Jika Anda memakai fitur WhatsApp Web:

Back to Content ↑

1. Hemat Waktu

Buat Anda yang mempunyai kegiatan banyak di depan perangkat laptop atau komputer seperti membuat dokumen, mengetik dan lain sebagainya.

Maka fitur WhatsApp map merupakan solusi yang paling tepat supaya waktu Anda lebih efisien karena tidak perlu repot-repot buka HP hanya untuk mengecek WhatsApp.

Back to Content ↑

2. Mengetik Lebih Cepat

Mengetik memakai keyboard di laptop memang relatif lebih cepat dan mudah. Berbeda halnya jika ada menggunakan HP tentu sering mengalami salah ketik atau typo.

Namun hal ini berlaku jika Anda sudah terbiasa menggunakan keyboard laptop. Jika belum terbiasa tentu sama saja Bukannya lebih cepat malah lebih lama.

Back to Content ↑

3. Penggunaan Ringan

WhatsApp merupakan aplikasi berbasis sebuah situs. Jadi Anda bisa membukanya melalui salah satu browser entah itu menggunakan Google Chrome, mozilla Firefox atau Opera Mini. Jadi bisa dikatakan jika menggunakan WhatsApp Web maka penggunaan kuota akan menjadi lebih hemat.

Back to Content ↑

4. Kirim File dari Komputer

Karena WhatsApp Web diakses langsung melalui perangkat komputer, jadi akan memudahkan Anda dalam mengirimkan berbagai macam file. Seperti file audio, video, gambar, dokumen dan lain sebagainya.

Back to Content ↑

Kekurangan Memakai WhatsApp Web

Tidak hanya memiliki kelebihan saja, namun WhatsApp Web juga mempunyai beberapa kekurangan seperti:

Back to Content ↑

1. Bergantung dengan Ponsel

Walaupun WhatsApp Web dibuka melalui perangkat komputer atau laptop, namun wa Web tidak bisa berjalan sendiri. Artinya fitur ini tetap tersambung dengan ponsel Anda. Yang mana masih membutuhkan aplikasi WhatsApp serta koneksi internet di smartphone.

Back to Content ↑

2. Tetap Menguras Baterai HP

Karena masih membutuhkan perangkat ponsel, maka aplikasi WhatsApp di ponsel Anda akan tetap berjalan selama mengakses WA Web. Artinya fitur ini tetap menguras baterai ponsel Anda.

Back to Content ↑

3. Jaringan Internet Stabil

Kekurangan lain dari fitur wa Web Yaitu Anda harus mempunyai jaringan internet yang stabil di kedua perangkat antara smartphone dan komputer. Apabila Salah satu perangkat yang Anda gunakan memiliki jaringan internet tidak stabil maka wa Web biasanya akan gagal tersambung.

Back to Content ↑

4. Tidak Bisa Melakukan Panggilan

Sampai detik ini WhatsApp Web belum menyediakan fitur panggilan video ataupun panggilan suara.

Back to Content ↑

Cara Menggunakan WhatsApp Web

Cara memakai WhatsApp Web sangat mudah sekali. Pertama Anda harus menyiapkan perangkat laptop atau komputer dan smartphone dengan akun Whatsapp pastinya.

Pastikan komputer atau laptop yang Anda gunakan sudah terinstal aplikasi browser baik itu Google Chrome atau Mozilla Firefox. Sedangkan untuk cara pemakaiannya Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Pertama Anda buka salah satu browser di perangkat komputer.
  2. Kemudian akses situs ini: https://web.whatsapp.com/
  3. Selanjutnya buka aplikasi Whatsapp di Smartphone Anda.
  4. Silahkan klik menu titik tiga bagian kanan atas.
  5. Setelah itu Anda pilih WhatsApp Web.
  6. Nantinya akan tampil kamera untuk Anda melakukan scan barcode.
  7. Silakan Anda Arahkan kamera ponsel ke Barcode yang ada di situs WhatsApp Web.
  8. Jika sudah nantinya Anda akan memperoleh tampilan percakapan WhatsApp. Di sini WA Web dapat langsung digunakan.

Back to Content ↑

Scan Barcode WA Tidak Berfungsi?

Biasanya sesudah proses scan barcode selesai maka WhatsApp akan langsung terhubung dengan halaman WhatsApp Web.

Namun bagaimana jika tidak? Mungkin masalah ini sering dialami oleh sebagian orang. Jadi pada saat melakukan proses scan barcode WhatsApp tidak merespon. Nah untuk mengatasi masalah seperti ini, ada beberapa hal yang dapat Anda coba.

Back to Content ↑

1. Force Stop WhatsApp

Wa mengalami error Dapat terjadi tanpa Anda sadari. Nah cara pertama yang bisa Anda coba gunakan untuk mengatasi scan barcode WhatsApp tidak berfungsi yaitu dengan melakukan force stop WhatsApp.

  • Pertama Anda buka setelan terlebih dahulu di ponsel.
  • Kemudian masuk ke aplikasi.
  • Setelah itu Anda cari aplikasi WhatsApp lalu buka.
  • Selanjutnya tekan force stop.

Nantinya force stop akan memberhentikan aplikasi WA yang sedang berjalan secara langsung. Sesudah langkah ini dilakukan maka Anda bisa mencoba lagi untuk mengakses fitur WhatsApp Web.

Back to Content ↑

2. Restart HP

Jadi, untuk mengatasi error yang berkaitan dengan kamera, maka Anda bisa melakukan restart ponsel. Tidak hanya restart, namun Anda juga bisa mematikan ponsel sementara. Lalu hidupkan kembali.

Back to Content ↑

3. Bersihkan Layar Komputer

Tidak hanya kamera, namun kebersihan layar pada komputer juga berpengaruh terhadap proses scanning. Jika layar komputer kotor, maka gambar barcode yang ditampilkan menjadi tidak terlihat jelas. Bahkan secara tidak langsung dapat dikatakan sebagai kamuflase dengan kotoran di layar komputer.

Makanya Anda harus membersihkan dengan menggunakan LCD cleaner. Kemudian bisa di lap layar komputer Anda dengan menggunakan tisu atau kain yang lembut. Sehingga tidak akan membuat goresan pada layar. Jika sudah, Anda bisa menyalakan kembali.

Back to Content ↑

Demikian pembahasan diatas mengenai WhatsApp iPad dan informasi lainnya. Jika Anda tertarik untuk menggunakan WhatsApp di perangkat iPad, maka bisa mengikuti panduannya seperti diatas.