Skip to main content

Review dan Spesifikasi Drone Dji Mavic 2 Zoom

Review dan Spesifikasi Drone Dji Mavic 2 Zoom
Review dan Spesifikasi Drone Dji Mavic 2 Zoom
Images source: gridoto.com

Review dan Spesifikasi Drone Dji Mavic 2 Zoom

Dji Mavic 2 Zoom merupakan drone lipat pertama yang dilengkapi dengan kemampuan zoom optik. Drone yang dibanderol dengan harga cukup mahal ini mempunyai berbagai fitur yang bisa dimanfaatkan untuk hasil akhir video atau foto.

Seperti yang Anda tahu sendiri, jika drone jenis ini adalah satu merk kamera drone terpopuler. Karena memang didukung spesifikasi yang mumpuni, terutama dalam hal kameranya. Nah buat Anda yang penasaran dengan drone ini, marik simak ulasan lengkapnya berikut ini.

TOC / Daftar Isi

Review Dji Mavic 2 Zoom

Berikut dibawah ini penjelasan mengenai review, fitur dan spesifikasi kamera Drone Dji Mavic 2 Zoom:

Back to Content ↑

1. Autofokus Cepat dan Akurat

Kelebihan pertama dari Drone kamera jenis ini yaitu autofokusnya yang cepat dan akurat. Di mana sistem yang dipakai pada Drone ini sudah seperti sistem yang ada pada kamera DSLR atau Mirrorless yakni hybrid system.

Sistem ini memakai dua faktor dalam menentukan fokus yaitu contrast detection dan phase detection. Ketika dua sistem ini digabung maka kamera akan lebih mudah menemukan titik fokus. Kerennya lagi yaitu titik fokusnya berhasil dipertahankan Walaupun Anda sedang melakukan zoom-out atau zoom-in.

Back to Content ↑

2. Efek Dolly Zoom

Kamera Drone yang satu ini juga dilengkapi dengan efek dolly zoom. Dimana fitur ini akan memodifikasi optical seakan Anda melihat subject di zoom in. Sedangkan untuk background di bagian belakang seolah-olah melihat di zoom out.

Yang menjadikan efek ini semakin bagus karena kamera Drone Dji Mavic 2 Zoom memiliki kemampuan untuk mempertahankan fokus walaupun video seolah-olah di warp ketika menjalankan fitur ini.

Back to Content ↑

3. Super Resolution

Keunggulan lain dari kamera Drone ini yaitu super resolution. Ini dikarenakan lensa pada drone drone ini bisa focal length 24mm – 48mm. Selain itu, DJI mau memperkenalkan mode foto baru yakni mode foto Super Resolution.

Mekanismenya sendiri untuk memperoleh foto dengan luas frame seperti 24mm. Kamera Drone yang satu ini akan memakai beberapa kali jepretan lensa 48mm dan digabung. Sehingga bisa menghasilkan selebar ketika memakai focal length 24mm.

Back to Content ↑

4. Form Factor

Walaupun kamera drone DJI Mavic 2 Zoom tidak seringkas seperti kamera drone DJI Spark atau DJI Mavic Air dan ukurannya lebih besar dari DJI Mavic Pro Standar. Namun Brown series ini masih terasa kompak dan ringan untuk dibawa menggunakan backpack, tas selempang serta tote bag.

Sedangkan untuk tampilan dari Drone kamera yang satu ini terlihat sangat premium, bahkan bodinya terlihat mahal. Drone ini memiliki lengan yang kokoh dan baling-baling lebih besar jika dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Back to Content ↑

5. Memori Internal

kamera drone DJI Mavic 2 Zoom ini memiliki memori internal sebesar 8GB. Meskipun tidak besar namun sangat berguna. Misalnya ketika memory Micro SD habis, atau Anda lupa memasukkan memori micro sd ke dalam slot. Maka memori internal yang ada di kamera Drone ini akan membantu untuk menyimpan hasil foto atau video.

Meskipun dibekali memori internal hanya 8GB, namun masih mampu untuk merekam video berkualitas 4K walaupun durasinya terbatas. Dan untuk hasil rekaman videonya bisa dipindah dengan mudah ke perangkat laptop atau MacBook menggunakan konektor USB C.

Back to Content ↑

6. Controller

Untuk controller pada drone ini tidak terlalu memakan banyak tempat. Selain itu joystick pada Drone ini juga bisa dilepas dan disimpan. Sehingga membuat ukurannya tidak lebih besar dari tempat kacamata. Memasang remote, antena, joystick, melipat dan menghubungkan kabel menjadi lebih mudah. Selain itu terdapat indikator berisi informasi.

Seperti informasi ketinggian, mode terbang yang sedang aktif, jarak, dan sisa daya baterai ketika sedang terbang. Tidak hanya itu terdapat beberapa tombol yang berfungsi sebagai shortcut untuk mengatur kamera serta menu lainnya.

Back to Content ↑

7. OcuSync 2.0

OcuSync 2.0 merupakan sebuah teknologi dari ini yang bisa mentransmisikan video berkualitas HD dari Wahana ke smartphone atau remote. Dengan begitu Anda bisa memperoleh kualitas streaming video yang lebih bagus.

Yang kerennya lagi dari kamera drone Dji Mavic 2 Zoom combo masih dapat dikendalikan sampai jarak 8 KM. Namun untuk ketinggian 250 meter Anda bisa kehilangan sinyal meskipun Drone masih dapat dikendalikan dengan baik. Namun yang pasti dengan adanya teknologi OcuSync 2.0 membuat streaming video terbaik untuk di kelasnya.

Back to Content ↑

8. Sensor-Sensor

Kamera Drone yang satu ini juga mempunyai sensor beragam di di beberapa sisinya. Tujuannya sendiri untuk mencegah hal yang tidak diinginkan seperti menabrak dari bagian depan, samping, atas, dan belakang.

Selain mencegah dari tabrakan, juga untuk menghindari secara otomatis dari rintangan. Yang pasti dengan adanya sensor sensor ini menjadikan Drone kamera Anda bisa aman dan membuatnya nyaman ketika diterbangkan.

Back to Content ↑

9. Performa

Motor baru dan desain yang streamline menjadikan agility dari Drone ini meningkat. Bahkan untuk kecepatan maksimalnya bisa sampai 72 km/jam. Drone ini sangat responsif bila dibandingkan dengan jenis Drone Mavic Pro biasa.

Tentu ini sangat penting ketika Anda mau melawan angin atau mengejar momen yang bagus serta mau membidik di kawasan yang luas. Dan bagusnya lagi dari Drone Dji Mavic 2 Zoom ini memiliki suara yang tidak terlalu berisik sehingga tidak menjadi perhatian banyak orang.

Back to Content ↑

10. Ketahanan Baterai

Untuk Drone di kelasnya maka Mavic 2 Zoom paling Superior dalam masalah ketahanan baterai. Dimana kamera Drone ini mampu terbang sampai maksimal 30 menit lamanya. Sedangkan untuk Drone pendahulunya hanya bisa terbang maksimal 25 menit, bahkan ada yang hanya bisa 18 menit saja.

Dengan durasi terbang yang lama tentunya Anda bisa menjangkau lebih banyak lokasi si untuk membidik atau merekam momen yang bagus. Apabila Anda membawa 3 baterai maka mempunyai total waktu terbang 90 menit lamanya.

Back to Content ↑

11. Kualitas Foto dan Video

Drone ini memiliki spesifikasi yang terasa inferior jika dibandingkan dengan Drone mavic 2 Pro. Dimana untuk spesifikasi kameranya sendiri menggunakan sensor 1/2.3 inci, resolusi gambar 12 MP, color profile 16 juta warna dan ISO 100-3200.

Namun pada faktanya untuk pemakaian biasa di siang hari hasilnya sangat sulit untuk dibedakan. Untuk kamera Drone Mavic 2 Pro spesifikasi tinggi hanya bisa dioptimalkan ketika proses pasca produksi untuk keperluan khusus seperti iklan atau film.

Back to Content ↑

12. Fitur Otomatis

Drone Dji Mavic 2 Zoom ini mempunyai fitur intelligent flight modes yang memudahkan pilotnya untuk merekam berbagai macam mode video. Pada kamera Drone ini juga terdapat mode seperti Point of Interest, Cinematic, Quickshot dan Timelapse.

Dan bagusnya lagi dari Drone ini menyediakan fitur otomatis. Sehingga menjadi nilai plus tersendiri untuk mengambil gambar secara profesional. Namun sebelum Anda memilih mode mana yang cocok digunakan, ada baiknya Anda harus mempelajari terlebih dahulu mode seperti apa yang cocok digunakan untuk keperluan gambar.

Back to Content ↑

DJI Mavic 2 Zoom merupakan Drone terbaik dari segi fitur yang dimilikinya. Baik itu untuk hobi sampai semi yonal bisa menggunakan Drone yang satu ini. Bahkan untuk beberapa Project brand ini memiliki hasil yang memuaskan.