Skip to main content

Review, Harga dan Spesifikasi Kamera Sony A7 Mark II

Review, Harga dan Spesifikasi Kamera Sony A7 Mark II
Review, Harga dan Spesifikasi Kamera Sony A7 Mark II
Images source: liputan6.com

Review, Harga dan Spesifikasi Kamera Sony A7 Mark II

Tepat pada tahun 2013 silam, Sony meluncurkan kamera yang begitu laris di pasaran, yakni kamera Sony A7. Bahkan hingga saat ini, kamera Full Frame tersebut masih worth it untuk digunakan. Kamera Sony ini menawarkan performa yang sangat mumpuni.

Sony A7 adalah sebuah kamera yang dilengkapi dengan teknologi canggih dan harganya lebih terjangkau dibandingkan dengan kompetitornya. Sony A7 sendiri memiliki varian banyak, dan yang dibahas adalah seri Sony A7 Mark II. Nah buat Anda yang penasaran, simak ulasan lengkapnya dibawah ini.

TOC / Daftar Isi

Review Sony A7 Mark II

Selain unggul dalam kecanggihan, kamera ini juga dibanderol dengan harga murah untuk sekelas kamera Full Frame. Kamera ini juga dilengkapi sensor CMOS yang memiliki resolusi 24 MP dan memperoleh dukungan prosesor Bionz X.

Kamera Sony A7 jenis mirrorless ini bahkan mempunyai tingkat ISO 25600. Sehingga mampu memperoleh hasil gambar yang lebih maksimal, walaupun dalam keadaan yang kurang pencahayaan.

Sedangkan untuk kecepatan Shutter dari kamera ini adalah 1/8000 detik. Kemudian, kamera ini juga dibekali dengan fitur unggulan. Salah satunya Stabilisasi Lima Poros.

Dimana fitur tersebut akan memastikan setiap hasil bidikan objek terbebas dari guncangan. Dengan kamera ini, memungkinkan Anda bisa langsung mengupload hasil bidikan objeknya ke sosial media.

Caranya sangat mudah, dimana Anda hanya perlu menghubungkan kamera ke ponsel yang Anda gunakan menggunakan koneksi WiFi. Kemudian kirimkan gambar melalui aplikasi Imaging Edge Mobile atau PlayMemories Mobile.

Untuk kedua aplikasi tambahan tersebut, bisa Anda peroleh dengan mengunduh langsung di App Store dan Play Store.

Selain unggul dari segi fotografinya, kamera Sony A7 mark 2 ini juga didukung kemampuan videografi yang mumpuni, walaupun terbatas untuk resolusi Full HD. Namun resolusi videografi yang di dapat dari kamera ini sudah sangat cukup apabila mau di upload Youtube atau dokumentasi pribadi.

Fitur lain dari kamera Sony Series ini adalah MPEG4, XAVCS, dan AVCHD. Dimana fitur ini bisa menawarkan profil gambar S Log2 yang lebih datar berkat adanya Dynamic Range yang tinggi.

Apabila dilihat dari sisi luar, maka kamera ini ini tidak mempunyai banyak inovasi dari model sebelumnya atau penerusnya. Dimana kamera ini terdapat grip yang tebal sehingga nyaman ketika digenggam.

Kemudian profil body ramping dan ringan. Didalam grip terdapat baterai jenis Lithium Ion yang berukuran cukup besar. Kamera Sony ini ini dapat beroperasi sampai 350 bidikan hanya dalam satu kali pengisian untuk pemakaian ketika traveling.

Lalu pada bagian atas kamera terdapat lubang intip elektronik dengan resolusi 2.3 juta titik. Untuk solusinya Anda bisa memakai layar LCD Xtra Fine 3 inch pada saat melakukan Framing.

Sedangkan untuk layar dari kamera ini bisa ditekuk dengan mudah sehingga bisa mengambil gambar dari sudut yang rendah dan tinggi.

Back to Content ↑

Fitur Sony A7 Mark II

Kamera Sony series ini ternyata dibekali dengan fitur yang mampu menghasilkan bidikan objek seperti pada jepretan kamera DSLR. Kamera ini juga dilengkapi dengan sensor Exmor CMOS Full Frame dengan resolusi 24.3.

Tidak hanya itu kamera Sony A7 juga dilengkapi dengan prosesor Bionz X Imaging Processor. Sedangkan untuk ViewFinder-nya, kamera ini dilengkapi dengan Electronic ViewFinder Tru Finder OLED XGA resolusi 2.36 pixel.

Tidak heran jika fitur yang disematkan pada kamera ini menjadikan lebih istimewa dari varian kamera mirrorless tipe lain. Kemudian, juga terdapat 5 Axis image stabilization system.

Dimana fitur tersebut bisa mendongkrak performa mirrorless Sony, supaya bisa menghasilkan foto atau video bebas blur. Bahkan fitur stabilisasi ini bisa membantu Anda pada saat memakai lensa Tele, Macro atau ketika membidik dalam kondisi minim cahaya.

Dan hebatnya lagi fitur yang disematkan pada kamera ini masih bisa berguna walaupun Anda memakai lensa Third Party manual

Sebagai salah satu kamera mirrorless, kamera ini sejajar dengan kamera DSLR profesional. Dimana kamera Sony series ini dibuat dengan ukuran seminimal mungkin.

Kemudian untuk sisi luar atau body kamera ini dibuat lebih gempal dari versi sebelumnya. Namun Justru dengan ukuran yang gempal menjadikan kamera ini lebih nyaman untuk digenggam seperti halnya kamera DSLR.

Untuk body kamera A7 sendiri dibuat dari material aluminium magnesium alloy. Sedangkan untuk bayonet nya sendiri menggunakan desain meta mount yang sudah terintegrasi sama dengan versi sebelumnya.

Back to Content ↑

Kelebihan dan Kekurangan

Berikut dibawah ini penjelasan mengenai kelebihan dan kekurangan kamera Sony A7 Mark II.

Back to Content ↑

Kelebihan Kamera Sony A7 Mark II

Kamera ini memang bukan produk kamera mirrorless terbaru. Akan tetapi kamera ini masih worth it untuk digunakan di Tahun 2022. Kamera dengan generasi kedua ini merupakan hasil pengembangan dari A7 versi stAndar.

Dimana kamera ini sengaja dibuat dengan tujuan untuk memberikan pengalaman yang lebih seru di dalam dunia fotografi, sehingga tidak jauh berbeda dengan versi sebelumnya. Namun mampu memberikan hasil yang lebih baik dan bagus.

Bisa dikatakan kamera ini sudah setara dengan kamera DSLR pada umumnya. Dimana kamera Sony A7 Mark II mempunyai sistem yang bisa mempertahankan kestabilan hasil bidikan pada saat memakai Adapted Lenses.

Selain itu kamera ini juga sudah dilakukan beberapa perbaikan. Mulai dari letak tombol, dan kualitas fisik kamera sehingga mampu menghasilkan desain yang modern.

Kamera Sony series ini tidak hanya cocok untuk seorang yang sudah profesional, namun bagi para penggemar fotografi outdoor juga cocok menggunakan kamera ini.

Alasannya sendiri, kamera Sony A7 dua sendiri mempunyai lensa manual dengan kemampuan yang mumpuni untuk mempertahankan stabilitas dari hasil bidikan.

Back to Content ↑

Kekurangan Kamera Sony A7 Mark II

Hanya saja untuk pemakaian serta hasil yang maksimal dari kamera ini sangat dianjurkan untuk memakai lensa jenis full frame supaya tidak terjadi cropping pada hasil akhir.

Tidak hanya itu, kekurangan lain dari kamera ini yaitu Autofocus yang dihasilkan cukup lambat bagi sekelas kamera Full Frame.

Walaupun demikian, penggunanya masih bisa memakai Manual Fokus untuk memperoleh hasil gambar atau video yang lebih akurat dan cepat.

Back to Content ↑

Harga Kamera Sony A7 Mark II

Nah buat Anda yang penasaran dengan harga kamera Sony A7 Mark 2, silahkan simak daftar harganya di bawah ini:

Kelengkapan Harga Baru Harga Bekas
Body Only 13.300.000 11.000.000
Body + 28-70mm 15.500.000 13.500.000
Body + 50mm f1.8 16.600.000 -

Back to Content ↑

Spesifikasi Kamera Sony A7 Mark II

Untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai spesifikasi dari kamera ini, Anda bisa melihat tabelnya di bawah ini:

Spesifikasi Sony A7 Mark II
Dimensi 127 x 96 x 60 mm
Bobot 599 gram
Ukuran sensor Full frame
Jenis sensor CMOS
Prosesor gambar Bionz X
Resolusi sensor 24 megapiksel
ISO 100-25600
Mount lensa Sony E
Layar Xtra Fine LCD, tilting, 3 inci
Lubang intip Elektronik; pembesaran 0,71x;cakupan 100%; resolusi 2.359.000 titik
Kecepatan shutter 1/8000-30 detik
Built-in flash Tidak tersedia
Continuous shot 5 fps
Video Full HD (1080p@30fps)
Konektivitas Wi-Fi, NFC
Daya baterai 350 jepretan

Back to Content ↑

Demikian pembahasan di atas mengenai kamera Sony A7 Mark II. Intinya kamera memiliki performa yang cukup mumpuni, tidak hanya untuk para fotografer profesional namun penghobi juga cocok memakai kamera ini.